4.10.19

Press Release Mangrove Training 2019: Enhance Your Skill To Be Mangrover

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menyelenggarakan program internal tahunannya yang bertujuan untuk memperdalam ilmu mangrove para anggotanya, yaitu Mangrove Training (MT) 2019: Enhance Your Skill To Be Mangrover. Selengkapnya mengenai MT 2019, dapat dicermati di press release MT 2019 di bawah ini:

LATAR BELAKANG
Ekosistem hutan mangrove merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang memiliki manfaat sangat besar, antara lain sebagai daerah pemijahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan ekonomis penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta fungsi fisik yang sangat besar seperti menjaga daerah pesisir dari abrasi.

Secara umum, kondisi mangrove di Indonesia, khususnya Pantai Utara Jawa sudah dalam tingkatan yang mengkhawatirkan. Kondisi ini sebagian besar diakibatkan oleh penebangan mangrove untuk area pertambakan dan keperluan lainnya.

Kerusakan-kerusakan ini pada dasarnya disebabkan ketidakpedulian sebagian masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove demi kelangsungan sumberdaya daerah pesisir secara berkelanjutan.

Pelatihan mengenai berbagai ilmu mangrove bagi anggota KeSEMaT sangat dibutuhkan dalam konservasi mangrove. Ditambah lagi dengan kondisi mangrove di Jawa Tengah sudah sangat memprihatinkan, khususnya di daerah Semarang sudah mengalami degradasi atau penurunan habitat mangrove.

Atas dasar-dasar tersebut, maka KeSEMaT melakukan suatu pelatihan diklat mangrove untuk para KeSEMaTER dimana harapan setelahnya ialah para KeSEMaTER mampu mengetahui dan menganalisis vegetasi, identifikasi dan metode fotografi hemisperikal mangrove, mampu mengenali tentang teknik pemetaan mangrove menggunakan data drone dan mampu menganalisis kajian status kerentanan kepiting bakau.

Setelah mampu menganalisis, para KeSEMaTER juga diharapkan mampu melakukan upaya rehabilitasi ekosistem mangrove, sehingga upaya konservasi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan terencana.

Konsep yang digagas adalah melakukan edukasi berupa pemaparan materi dan praktik langsung di lapangan. Kegiatan ini merupakan langkah untuk menambah wawasan dan kemampuan atau keterampilan KeSEMaTER dalam mengaplikasikan ilmu mangrove.

TUJUAN UMUM
Mengembangkan pengetahuan mengenai teknik analisis vegetasi mangrove, fotografi hemisperikal, pemetaan mangrove menggunakan data drone dan kajian mengenai status kerentanan kepiting bakau .

TUJUAN KHUSUS
1. Memberikan pengetahuan dan pelatihan dalam identifikasi dan analisis vegetasi mangrove, serta teknik fotografi hemisperikal.
2. Memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai teknik pemetaan mangrove menggunakan drone.
3. Memberikan pengetahuan dan pelatihan dalam kajian status kerentanan kepiting bakau.

WAKTU DAN TEMPAT
MT 2019 akn dilaksanakan pada hari Minggu dan Senin, 6 - 7 Oktober 2019 di Kantor KeSEMaT Semarang, dan Semarang Mangrove Center (SMC), Jawa Tengah (Jateng), Mangkang Wetan, Semarang.

DESKRIPSI KEGIATAN
Konsep acara MT 2019 dibuat untuk memenuhi kebutuhan KeSEMaTER di bidang ekosistem mangrove yang memiliki agenda utama, yaitu pelatihan dan praktik langsung mengenai mangrove yang sesuai dengan silabus KeSEMaT.

MT 2019 dilaksanakan selama dua (2) hari. Hari pertama acara dilakukan di luar ruangan (outdoor) dengan materi tentang observasi lapangan yang berlokasi di SMC Jateng, Desa Mangunharjo, Mangkang Wetan, Semarang. Selanjutnya, materi ruangan mengenai pengolahan data drone dan kajian status kerentanan kepiting bakau juga dilakukan di lokasi yang sama.

Hari kedua, acara dilakukan di dalam ruangan (indoor) berupa kegiatan pengolahan dan analisis data vegetasi dan identifikasi mangrove yang dilaksanakan di Kantor KeSEMaT, Semarang.

DESKRIPSI ACARA
HARI I: MINGGU, 6 OKTOBER 2019
Acara dimulai pada pukul 06.00 WIB. Sebelum acara dimulai, para peserta akan melakukan registrasi terlebih dahulu di Kantor KeSEMaT. Kemudian dilakukan briefing sebelum keberangkatan menuju lokasi analisis vegetasi mangrove.

Selanjutnya, pada sore hari, akan dilaksanakan materi 1, yaitu Pengolahan Data Drone dan materi 2, yaitu Kajian Mengenai Status Kerentanan Kepiting Bakau. Acara ditutup dengan foto bersama.

HARI II: SENIN, 7 OKTOBER 2019
Pada hari kedua, acara dimulai dari pukul 19.00 WIB. Sebelumnya, peserta melakukan registrasi di Kantor KeSEMaT. Hari kedua merupakan agenda lanjutan dari hari pertama, yaitu materi ruangan berupa pengolahan hasil data yang diambil pada hari pertama.

Materi 3 adalah materi tentang Pengolahan Data Identifikasi, Analisis Vegetasi dan Fotografi Hemisperikal. Acara ditutup dengan foto bersama.

KETERANGAN
I. Tema: Analisis Vegetasi dan Identifikasi Mangrove.

Pembicara:
Muksin Purnama (Komunitas KeAMaT).

Materi:
1. Pengolahan data analisis vegetasi mangrove.
2. Pengolahan data fotografi hemisperikal.
3. Pemanfaatan dan pengolahan data analisis vegetasi mangrove dan fotografi hemisperikal.

II. Tema: Pemetaan Mangrove Menggunakan Data Drone.

Pembicara:
Bagus R. D. A., S.Kel

Materi:
1. Pengenalan software pengolah data drone.
2. Teknik pemetaan mangrove menggunakan data drone.
3. Analisis hasil pemetaan mangrove menggunakan data drone.

III. Tema: Kajian Status Kerentanan Kepiting Bakau.

Pembicara:
Ganis Riyan Efendi, S.Kel.

Materi:
1. Pengenalan kajian status kerentanan kepiting bakau.
2. Pengenalan metode Productivity and Susceptibility Analysis (PSA).
3. Analisis hasil data kajian status kerentanan kepiting bakau.

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MT 2019 dapat ditujukan kepada:

Sdr. Iis Meinarwati
Menteri Pendidikan dan Penelitian (MENDIKTAN) KeSEMaT
Periode 2018/2019

CP. +6287825213825

Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II
No. 113B RT 04 RW 03 Kelurahan Kramas
Tembalang Jawa Tengah - Indonesia
P. +6281392711780 F. +62247474698
E. kesemat@gmail.com W. www.kesemat.or.id

Demikian informasi ini disampaikan. Atas kerja sama semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, kami mengucapkan terima kasih. (ABL/AP/ADM).

No comments:

Post a Comment