7.11.20

Cara Sumbang Koin untuk Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Hutan mangrove Indonesia menyimpan banyak fungsi dan manfaat bagi bumi, baik secara fisik, ekonomis, dan ekologis sehingga keberadaannya berperan penting dalam menjaga keseimbangan alam. Fungsi fisik mangrove dapat melindungi daratan sebagai tempat tinggal manusia dari abrasi dan tsunami. Selanjutnya, fungsi ekonomisnya dapat dimanfaatkan manusia untuk mendapatkan penghasilan, dan fungsi ekologisnya menjaga keberlangsungan hidup biota di sekitarnya.

Zaman yang semakin maju, membuat pergerakan pembangunan melaju dengan sangat cepat. Pembukaan industri, perumahan, tambak, pelabuhan, jalan tol dan sebagainya, memberikan dampak buruk terhadap keberadaan mangrove.


Poster KUMANG.

Sebagai informasi, luas hutan mangrove di Indonesia terus berkurang di setiap tahunnya. Laju degradasi kawasan mangrove yang tidak sebanding dengan upaya rehabilitasinya, menyebabkan habitat mangrove terancam. Berdasarkan data terbaru (2019) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia tercatat sebagai negara penyumbang kehilangan hutan mangrove terluas di dunia, dengan kerusakan sebesar 50-60%.

Maka dari itu, KeSEMaT membuka jalan bagi masyarakat yang ingin mendukung gerakan Koin untuk Mangrove (KUMANG) dan berdonasi dalam upaya penyelamatan hutan mangrove di Indonesia.


Teknis donasi KUMANG.

KUMANG adalah program swadaya dari masyarakat, dimana koin-koin yang disumbangkan akan disalurkan oleh KeSEMaT untuk mendanai program kerja mangrovenya dalam melestarikan keberadaan mangrove.

KeSEMaT menyediakan dua pilihan bagi Anda yang ingin berdonasi melalui KUMANG, yaitu:

1. Anda dapat memasukkan koin Anda secara langsung, dengan cara datang ke Kantor KeSEMaT yang beralamat di Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No. 113B, RT 4/3, Kelurahan Kramas, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, INDONESIA.

2. Transfer bank. No. Rek. 2-055-02751-2 Bank Jateng a.n. KeSEMaT.

Setelah transfer, Anda dapat mengirimkan bukti scan transfernya kepada kami melalui WA Official kami +62813 92 7117 80 atau email: kesemat@gmail.com, agar dapat kami catat sebagai salah satu donatur kami.

KeSEMaT akan menampilkan penggunaan donasi KUMANG melalui jaringan KeSEMaTONLINE, baik dalam bentuk video, narasi, foto dan lain-lain. Hal tersebut akan memudahkan masyarakat untuk ikut memonitoring penyaluran donasi KUMANG secara transparan. Tunggu apalagi? Yuk, sumbangkan koin Anda untuk KUMANG. Terima kasih atas partisipasi Anda. (ADM/FAN/QNH).


No comments:

Post a Comment