28.11.20

Berlangsung Meriah, KeSEMaT Sukses Gelar KeSEMaTBIRTHDAY 2020: KeSEMaT Alteration

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT berulang tahun yang ke-19, tepat pada tanggal 9 Oktober 2020. Dalam rangka memperingati HUT KeSEMaT ke-19, maka pada tanggal 10-11 Oktober 2020, KeSEMaT mengadakan program tahunannya, yaitu KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2020 dengan tema KeSEMaT Alteration: Another Year, Another Goals to Make. Tema tersebut memiliki filosofi bahwa perubahan besar dimulai dari perubahan kecil.

“Suatu perubahan besar dimulai dari perubahan kecil,” kata Sdri. Nila Chandra Dewi (staf MENPORSI), selaku Ketua KB 2020. “KeSEMaT telah berhasil melakukan perubahan besar, dimana perubahan besar tersebut dimulai dari perubahan kecil. Maka dari itu, kita sebagai KeSEMaTER yang melanjutkan pencapaian KeSEMaT, hendaknya selalu memperhatikan hal-hal kecil, karena dari hal kecil itulah, perubahan besar bisa terjadi,” tambahnya, saat menyampaikan sambutan.

Kunjungan ke Panti Asuhan dan Berbagi Makanan
Hari pertama KB 2020 dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2020, dengan melakukan Pembagian Sembako ke Panti Asuhan Baitussalam dan Pembagian Makanan kepada Warga Semarang. Kegiatan ini dilakukan karena KeSEMaT ingin selalu bermanfaat, tidak hanya bagi lingkungan, tetapi juga untuk orang banyak.

"Acara dimulai dengan pembagian sembako ke Panti Asuhan Baitussalam terlebih dahulu. Pada pukul 14.00 WIB, tujuh orang panitia berangkat menuju ke panti dan disambut dengan ramah oleh pengurusnya," kata Sdri. Nila. "Paket sembako dan sejumlah uang, kami serahkan secara simbolis kepada pengurus panti asuhan," jelasnya lebih lanjut.

“Selamat ulang tahun untuk KeSEMaT, semoga semakin sukses kedepannya nanti,” kata Pengurus Panti Asuhan Baitussalam, “Terima kasih juga atas pemberian ini. Sembako ini, Insya Allah bermanfaat bagi kami semua,” tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama. Panitia berpamitan dan kembali ke Kantor KeSEMaT. Pada pukul 16.15 WIB, panitia melanjutkan Pembagian Makanan kepada Warga Semarang. Makanan diperuntukkan bagi anak jalanan, pengemis, tukang parkir dan penjual dengan gerobak dorong atau pikul.

Panitia dibagi menjadi dua kelompok, dengan masing-masing kelompok membawa 15 kotak makanan. Panitia dengan mengendarai mobil menembus gerimis, menuju sekitar Jalan Gondang-Banjarsari dan sekitar SPBU Undip-Jalan Ngesrep. Panitia kembali ke kantor setelah semua kotak makanan habis dibagikan.

Alhamdulillah, terima kasih banyak, Kak,” kata salah satu warga. “Maaf, saya gak bisa balas apa-apa. Semoga, Tuhan yang membalas kebaikan, Kakak,” tambahnya. 

Acara Puncak
Acara puncak KB 2020 dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2020, yang dimulai pada pukul 16.00 hingga 20.30 WIB, yang diadakan secara internal bertempat di Kantor KeSEMaT. Acara ini dihadiri oleh Pembimbing, DK, DP, QC dan AMaT. Acara dimulai dengan sambutan dari Sdri. Nila, Sdr. Paspha Ghaishidra M. P (Presiden) dan Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing).

Dalam sambutannya, Dr. Rudhi memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada KeSEMaT dan mengharapkan dengan semakin bertambahnya usia KeSEMaT, maka KeSEMaT terus dapat memberikan inpirasi dan motivasi bagi masyarakat Indonesia, agar tetap melestarikan ekosistem mangrove di Indonesia maupun dunia, dan tetap terus memberikan asas kebermanfaatan terhadap sesama.

“Selamat ulang tahun kepada KeSEMaT yang ke-19 tahun. Usia 19 tahun bukan lagi usia muda, melainkan telah memasuki usia dewasa. Maka dari itu, saya berharap KeSEMaT terus dapat memberikan kebermanfaatan bagi sesama, dan tentunya terus dapat memberikan inspirasi serta motivasi dalam melakukan upaya pelestarian ekosistem mangrove,” harap Dr. Rudhi.

Presiden KeSEMaT menambahkan bahwa dengan bertambahnya usia KeSEMaT yang ke -19 ini, maka dia berharap agar KeSEMaT terus dapat memberikan semangat dalam melakukan kebaikan. 

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng sebagai tanda syukuran. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Presiden KeSEMaT yang diserahkan kepada Pembimbing KeSEMaT. 

Pada acara tersebut, juga dilakukan Launching Reuni Akbar Alumni KeSEMaT (REAAMaT) 2021 oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (AMaT). Dalam launching-nya, Sdr. Oky mengajak semua Aumni KeSEMaT atau AMaT untuk ikut bergabung dalam REAAMaT yang akan dilaksanakan tahun depan.

Acara dilanjutkan dengan salat Magrib dan makan malam bersama. Keseruan acara terus berlanjut dengan adanya games dan penampilan dari KeSEMaTUSTIK yang membawakan hits single-nya, yaitu Hijau Lebam, Mangrove Hidup Kita dan Kumis di Hari Kamis.

Acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah. Dalam acara tersebut, Sdr. Ilham Kuncahyo (AMaT), Sdr. Raditya Ananta (AMaT), dan Sdr. Gagas Tri Pamungkas (MENPORSI) membawakan beberapa buah lagu sehingga acara semakin meriah serta menambah suasana hangat pada malam tersebut. Sebelum membawakan lagu, Sdr. Ilham tak lupa turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada KeSEMaT yang ke-19.

“Selamat ulang tahun untuk KeSEMaT yang ke-19. Semoga di usia yang ke-19 ini, KeSEMaT terus dapat memberikan kebermanfaatan bagi sesama,” ujar Sdr. Ilham.

Keseluruhan acara KB 2020 berjalan dengan baik dan lancar yang  ditutup dengan Kesan Pesan dan dilanjutkan Foto Bersama. (ZSB/SM/AP/ADM).

No comments:

Post a Comment