5.2.12

Reportase Kondisi Mangrove dan Pesisir di Mangunharjo, Semarang

Mangunharjo – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 1 Februari 2012, kami mangroving ke kawasan mangrove di Mangunharjo, Mangkang Wetan, Semarang. Perjalanan ini, kembali kami lakukan untuk survei kedua, dalam rangka program penanaman dan pemeliharaan Mangrove Restoration (MANGRES) 2012, yang mulai akan dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2012. Perjalanan dari Kantor KeSEMaT, dimulai pada pukul 14.00 WIB dan sampai di lokasi, yaitu rumah salah seorang petani mangrove, bernama Pak Sururi, sekitar pukul 14.40 WIB. Kami diterima oleh putra dari Bapak Sururi dan mulai menggali informasi mengenai lokasi untuk MANGRES 2012 kami.

Dari informasi yang kami dapatkan, di Mangunharjo terdapat tiga tempat penanaman mangrove. Dari tiga tempat tersebut, dua diantaranya sudah sering dilakukan penanaman mangrove, baik oleh mahasiswa maupun instansi lainnya. Sementara itu, satu tempat penanaman terakhir, baru dibuka, dimana tempat ini, dulunya adalah tambak yang tidak digunakan. Jenis mangrove yang ditanam di sana ada dua, yaitu Rhizophora dan Avicennia. Lokasinya sekitar tiga kolimeter dari rumah Pak Sururi.

Selama perjalanan menuju lokasi, kami melihat pohon mangrove muda di setiap pematang tambak yang tumbuh dengan baik dan memiliki ketinggian, sekitar 4 - 5 meter, namun ada juga yang baru 1 - 2 meter. Kami juga melihat, masih ada pematang yang belum ditanami mangrove. Perjalanan menuju ke lokasi ketiga ini, kami lalui dengan berjalan kaki sekitar 500 meter, karena lokasinya memang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan bermotor. Tiba di lokasi yang dituju, kami lihat sudah tumbuh beberapa jenis mangrove dan juga terlihat substrat lumpurnya yang cukup bagus untuk ditanami. Lokasi ini juga dipisahkan oleh sebuah pematang yang memisahkannya dari aliran sungai yang digunakan warga untuk membawa perahunya berlabuh ke laut.

Selanjutnya, di dekat lokasi tersebut juga ditemukan bagian pematang yang sudah jebol, dan akhirnya di beberapa titik, walaupun tidak semuanya, sampah berserakan di sekitarnya. Di sebelah utara, juga terdapat pohon mangrove yang sudah tumbuh dengan baik, dan memiliki tinggi sekitar 3 meter. Vegetasinya nampak cukup lebat. Khusus untuk lokasi penanaman dan pemeliharaan MANGRES 2012 kami nanti, kami melihat belum ada mangrove yang tumbuh di sana. Untuk itulah, di lokasi ini nantinya akan kami tanam dengan ribuan mangrove. Semoga saja, dengan program penanaman dan pemeliharaan kami di lokasi ini, pada saatnya nanti akan dapat memperkuat pematang tambak, membantu warga sekitar dan bisa juga menjadi tempat untuk mencai makan bagi organisme yang hidup di kawasan mangrove tersebut. Amin.