13.2.12

KeSEMaT dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Sukses Selenggarakan Pelatihan Kue Mangrove Berbasis Pondok Pesantren di Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 11 Februari 2012, KeSEMaT yang bekerjasama dengan Yayasan IKAMaT dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, telah sukses menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Kue Mangrove (P2KM) dan Rehabilitasi Mangrove Berbasis Pondok Pesantren di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ishlah, Mangkang Kulon, Semarang. Kegiatan yang diadakan dengan tujuan untuk mengkampanyekan ekosistem mangrove ke warga pesisir di Semarang ini, diikuti oleh kurang lebih 50-an orang santri/santriwati dari enam ponpes, mahasiswa se-Kota Semarang dan Demak serta KeSEMaTER ini, berlangsung meriah.

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan pembukaan dan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua Panitia P2KM, Bapak Sapto Pamungkas, S. Kel. (DK) yang dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Aminah, selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah, sekaligus membuka acara. Selanjutnya, Bapak Arief Marsudi Harjo, S. Kel. (IKAMaT) menyampaikan materi mengenai Mangrove dan Kondisi Terkini di Pesisir Semarang yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Materi kedua adalah mengenai Pemanfaatan Buah Mangrove untuk Makanan yang disampaikan oleh Ibu Diah Ilminingtyas (Dosen UNTAG Semarang) yang dilanjutkan juga dengan diskusi dan tanya jawab.

Setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan Pelatihan Pembuatan Kue Mangrove, yang dipandu oleh Ibu Diah. Pada kesempatan ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mempraktekkan secara langsung bagaimana caranya memasak tepung buah Bruguiera (Lindur) dan Avicennia (Brayo) menjadi cake dan stick mangrove. Keseluruhan acara berlangsung sukses dan lancar, yang ditutup pada pukul 15.30 WIB dengan doa dan foto bersama.