25.2.12

KeSEMaT Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Tanam Mangrove di Kendal

Kendal - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 22 Februari 2012, KeSEMaT telah menghadiri acara penanaman mangrove dan pemberian bantuan warga pesisir yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang beberapa saat lalu telah berhasil menginisiasi kegiatan Ayo Tanam Mangrove di Semarang. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT diwakili oleh puluhan KeSEMaTER Kabinet KeSEMaT Berdikari, DP, DK, dan Pembimbing KeSEMaT.

Acara yang dihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KP), Bapak Sharif C. Sutardjo yang didampingi oleh Anggota Komisi IV DPR Bapak Firman Subagyo dan Bupati Kendal Ibu Widya Kandi Susanti ini, melakukan penanaman mangrove di Desa Wonorejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal. Dalam rangkaian acara tersebut, Menteri KP juga menyerahkan secara simbolis 294.000 bibit mangrove.

Acara dimulai sesaat setelah Menteri KP dan rombongan tiba di lokasi, pukul 08.30 WIB, yang langsung menuju ke lokasi penanaman mangrove. Didampingi oleh para KeSEMaTER, Bapak Sharif C. Sutardjo melakukan penanaman bibit mangrove secara simbolis, sebagai salah satu upaya kampanye kepada masyarakat agar terus meneruskan program penanaman mangrove dengan program pemeliharaan di lokasi tersebut. Pada kesempatan ini, Bapak Sharif juga mengajak masyarakat pesisir untuk memelihara kawasan pesisir agar tidak semakin rusak. Dia berharap, gerakan menanam dan memelihara mangrove terus dilakukan sehingga wilayah daratan bisa diselamatkan.

Untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dalam melestarikan wilayah pesisir, dalam acara itu, Menteri KP juga menyerahkan beberapa paket bantuan untuk tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah yang hutan mangrove dan kawasan pesisirnya telah rusak parah. Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Jepara, Kabupaten Rembang, Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes. Acara penanaman mangrove berjalan lancar, yang diakhiri dengan foto bersama.