7.2.12

MANGROVER, Ayo Terus Kibarkan Semangat MANGROVER!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Ini adalah foto kami pada saat MANGROVING, menjelajahi hutan mangrove di Segara Anakan Cilacap, beberapa waktu yang lalu. Dengan bendera KeSEMaT, sebagai perwujudan Semangat MANGROVER kami, tak lupa kami mencoba menularkan semangatnya kepada para Rekan-rekan kami yang ada di Cilacap. Membagi teknik penanaman dan meninggalkan dua buah buku mangrove kami, adalah sebuah bukti. Semoga saja, ini bisa bermanfaat bagi Rekan-rekan MANGROVER di sana.

Berpetualang menjelajahi berbagai pesisir di Indonesia, terutama di Pantai Utara Jawa sebagai fokus area kerja kami, telah banyak memberikan kesempatan kepada kami untuk berbagi ilmu mangrove kami, sekaligus juga menimba pengetahuan mangrove kami yang belum seberapa ini, ke warga pesisir di sana.

Beragam teknik rehabilitasi mangrove, memang telah dipraktekkan oleh masyarakat pesisir Indonesia, dan beberapa diantaranya berbeda. Namun, perbedaan ini bukanlah tidak baik, namun justru saling melengkapi. Ketidaksamaan ini terjadi sehubungan dengan adanya perbedaan geografi, ekologi, sosial dan budaya serta cara pandang warga pesisir dalam menerapkan konsep pengelolaan mangrove di pesisirnya, masing-masing.

Dan, fakta ini adalah baik, dan selalu kami kampanyekan, di setiap kali kami bertemu dengan rekan dan warga pesisir di lokasi lainnya di seluruh Indonesia. Kami bangga menjadi MANGROVER, bekerja dan berjuang menyelamatkan hutan mangrove dan warga pesisir Indonesia. MANGROVER, ayo terus kibarkan Semangat MANGROVER!