5.2.12

Reportase Mangroving KeSEMaTER ke Kawasan Mangrove Segara Anakan, Cilacap

Cilacap - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 Februari 2012, para KeSEMaTER mangroving ke Cilacap, untuk menghadiri kegiatan penanaman mangrove dan bersih pantai di kawasan mangrove dan pesisir Segara Anakan, Cilacap yang diinisiasi oleh komunitas Mucronata, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), yang bekerjasama dengan Pusat Mitigasi Bencana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNSOED dalam rangka memperingati Hari Lahan Basah Internasional dengan tema Clean, Fresh and Green, Save Our Mangrove From The Trash.

Pada kesempatan ini, sebanyak sebelas KeSEMaTER yang dipimpin oleh Sdr. M. Faisal R. (Presiden) dan Sdr. Fuad Ashari (DP), memulai kegiatannya pada pukul 09.00 WIB di Pelabuhan Sleko, Kabupaten Cilacap dengan megikuti pembukaan acara oleh ketua panitia.

Pada acara tersebut, peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok penanaman 1000 mangrove dan kelompok bersih pantai. Setelah pembagian kelompok, peserta dan panitia berangkat menggunakan perahu ke laguna Segara Anakan. Di laguna, agenda berjalan sesuai agenda yang telah dijadwalkan dengan penanaman mangrove dan bersih pantai di sekitarnya.

Setelah kegiatan selesai, peserta kembali ke pelabuhan. Pada sesi penutupan acara, KeSEMaT diminta untuk memberikan kesan pesan untuk acara tersebut, dan tak lupa Presiden KeSEMaT memberikan kenang-kenangan kepada Rekan-rekan Mucronata berupa dua buah buku mangrove KeSEMaT. Acara diakhiri dengan foto bersama.