16.2.12

Pendaftaran Mangrover Unite : Mangrove Restoration 2012

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan tujuan untuk memperingati tiga hari besar lingkungan, maka KeSEMaT menyelenggarakan Mangrove Restoration (MANGRES) 2012 : Peringatan Hari Lahan Basah, Hari Kehutanan, dan Hari Air dengan Survei, Kampanye Simpatik, Penyuluhan, Penanaman dan Penyulaman Mangrove di Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Dengan mengusung sub tema Mangrover Unite, kegiatan yang akan diselenggarakan mulai 17 Februari – 7 April 2012 ini, telah dibuka pendaftarannya pada tanggal 17 – 29 Februari 2012. MANGRES 2012 adalah hasil kerjasama KeSEMaT Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro dengan KeSEMaT Mangrove Volunteer (KeMANGTEER), masyarakat Kelurahan Mangunharjo Semarang, instansi pemerintahan, para donatur dan sponsor.

MANGRES 2012 berupaya untuk melakukan penyulaman bibit mangrove di lokasi penanaman mangrove yang berada di Mangunharjo, dengan cara mengganti bibit mangrove yang telah mati dengan bibit mangrove yang baru. Selain itu, semoga saja kegiatan ini juga bisa meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya lingkungan khususnya ekosistem mangrove dan memberikan pengetahuan peserta tentang tata cara menanam dan merehabilitasi mangrove.

Tahapan Kegiatan
1. Pendaftaran KeMANGTEER
Pada tahap ini, KeSEMaT melakukan rekruitmen dan pendaftaran sukarelawan mangrove KeSEMaT, yang disebut sebagai KeMANGTEER. Pendaftaran KeMANGTEER, dimulai pada tanggal 17 Februari – 29 Februari 2012. Adapun sasaran utama KeMANGTEER adalah para mahasiswa dari organisasi mahasiswa dan masyarakat umum di sekitar Semarang.
2. Tahapan Technical Meeting (TM)
TM akan dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2012, untuk memberikan informasi kepada para KeMANGTEER mengenai teknis MANGRES 2012 dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh KeMANGTEER selama MANGRES 2012.
3. Tahapan Survei Lokasi
Survey lokasi diadakan pada tanggal 3 Maret 2012 agar para KeMANGTEER mengetahui lokasi penanaman mangrove yang terletak di Kelurahan Mangunharjo Tugu, Semarang.
4. Tahapan Kampanye Simpatik
Kampanye Simpatik akan dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Maret 2012 di Kampus UNDIP Tembalang dan kawasan Tugu Muda Semarang, yang dilakukan oleh KeSEMaT dan KeMANGTEER dalam rangka untuk mengajak masyarakat luas agar lebih peduli dengan lingkungannya, dengan cara mengadakan kegiatan mangrove flash mob (shuffle dance for mangrove) dan teatrikal yang bertujuan untuk menarik mahasiswa dan masyarakat umum untuk bisa berbuat lebih terhadap alam. Selain itu, juga akan diadakan kegiatan pembagian leaflet, dan stiker yang berisi pesan tentang lingkungan yang ditempel pada setiap kendaraan yang lewat. Kampanye ini, juga dilakukan dalam rangka memperingati hari-hari besar lingkungan seperti Hari Lahan Basah (2 Februari), Hari Kehutanan (20 Maret) dan Hari Air Dunia (22 Maret). Dalam kampanye ini, juga akan dimeriahkan oleh band mangrove KeSEMaTUSTIK dan mahasiswa berprestasi, yaitu Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (Finalis Climate Smart Leader 2011).
5. Tahapan Penyuluhan Masyarakat
Penyuluhan ini dilaksanakan oleh KeSEMaT dalam rangka mengajak masyarakat agar dapat bekerja sama dalam melakukan penyulaman demi menjaga kelestarian lingkungan pesisir di Kelurahan Mangunharjo Tugu Semarang. Penyuluhan kepada masyarakat ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2012 yang diikuti oleh para siswa dari SMP dan SMA di sekitar Kelurahan Mangunharjo.
6. Tahapan Pra Penanaman
Tahapan ini, merupakan tahap sebelum puncak pelaksanaan MANGRES 2012. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER pada tanggal 23 Maret 2012, meninjau persiapan bibit yang akan digunakan pada saat penanaman di Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.
7. Tahapan Penanaman Mangrove
Tahapan ini, merupakan puncak pelaksanaan MANGRES 2012. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Diponegoro (UNDIP) pada tanggal 24 Maret 2012, pukul 07.00 WIB. Sampai di Mangunharjo diadakan sambutan yang akan disampaikan oleh Rektor Universitas Diponegoro, Dinas Kehutanan Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis oleh Rektor Universitas Diponegoro, Dinas Kehutanan Jawa Tengah, Dinas Kelautan dan Perikanan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Jawa Tengah yang dilanjutkan penanaman oleh para KeSEMaTER dan KeMANGTEER.
8. Tahapan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Hasil Penanaman
MONEV merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan dari mangrove yang telah ditanam, apakah ada yang perlu disulam atau tidak. Panitia dari KeSEMaT dan KeMANGTEER berkumpul di Kantor KeSEMaT pada tanggal 7 April 2012, pukul 07.00 WIB dan dilanjutkan perjalanan menuju lokasi MONEV, yaitu Kelurahan Mangunharjo Tugu Semarang. Pada kegiatan ini juga dilakukan pembagian sertifikat kepada para KeMANGTEER MANGRES 2012.

Persyaratan dan Peraturan Peserta
1. Program MANGRES 2012 adalah gratis. Calon Peserta MANGRES 2012 tidak akan dikenakan biaya apapun.
2. Peserta MANGRES 2012 adalah para mahasiswa dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.
3. Pendaftaran calon Peserta MANGRES 2012 hanya dapat dilakukan di Kantor KeSEMaT saja, dimulai dari tanggal 17 Februari 2012 sampai dengan 29 Februari 2012.
4. Calon Peserta MANGRES 2012, dipersilahkan untuk langsung mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan sebagai KeMANGTEER MANGRES 2012 di Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah INDONESIA. P. (024) 70527552.
5. Kegiatan MANGRES 2012 bersifat sukarela, apabila ada hal yang terjadi kepada peserta diluar tanggung jawab panitia.
6. Peserta akan mendapatkan fasilitas berupa pin, stiker dan konsumsi pada saat acara penanaman MANGRES 2012.
7. Akomodasi dan transportasi dibebankan sepenuhnya kepada para Peserta MANGRES 2012.
8. Peserta MANGRES 2012 dibatasi hingga 52 orang peserta.
9. Peserta MANGRES 2012 diwajibkan untuk mematuhi tata tertib dan jadwal kegiatan yang diberikan oleh Panitia MANGRES 2012.
10. Sertifikat MANGRES 2012 HANYA AKAN diberikan kepada Peserta MANGRES 2012 yang mengikuti minimal 1 Tahapan Kampanye Simpatik, Tahapan Penanaman Mangrove, dan minimal 1 Tahapan MANGRES 2012 lainnya (Technical Meeting, Survei, Kampanye Simpatik, Penyuluhan mangrove, Pra Penanaman).
11. Sertifikat MANGRES 2012 akan diberikan oleh Panitia MANGRES 2012 pada saat Tahapan Penyulaman Mangrove di Mangunharjo, Semarang.

Kontak Person
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan MANGRES 2012 bisa ditujukan kepada:
Sdr. ROHIMAT
Staff Ahli Departemen Pendidikan dan Penelitian KeSEMaT
M. (+62) 82118231248 P. (024) 70527552 F. (024) 7474698
E. kesemat@undip.ac.id W. www.kesemat.undip.ac.id
NB. Jadwal MANGRES 2012 disusun secara tentative.

Demikian pengumuman ini dibuat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerjasama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silahkan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE www.kesemat.undip.ac.id.

3 comments:

  1. bagus banget kegiatannya..sayang aku jauh,,padahal pengen banget ikut...skedar info nih,,aku punya kurang lebih 15 ribu bibit mangrove yang aku semaikan sendiri...

    ReplyDelete
  2. aku ada di serang banten,,klo temen2 ada yang butuh bibit mangrove bisa hubungi aku..aku punya bibit dari jenis Rhizopora sp. n Avicennia sp.
    thanx..

    ReplyDelete
  3. @iis Salam MANGROVER! Iya, thank dukungan dan infonya, ya :-) Untuk bibit mangrove, dst, coba cek CV. KeMANGI --> http://kemangi.co.id. Semangat MANGROVER!

    ReplyDelete