18.5.11

INI DIA, Teknik Pembibitan Mangrove ala KeSEMaT!

Kulon Progo – KeSEMaTBLOG. Bapak Isna Bahtiar, salah satu peninjau Mangrove Cultivation (MC) 2011, sebuah program konservasi mangrove tahunan berskala nasional, yang sukses diselenggarakan oleh KeSEMaT, beberapa waktu yang lalu, telah mengirimkan artikelnya yang menarik, mengenai reportase proses pembibitan mangrove yang diajarkan oleh para KeSEMaTER, dan telah pula dilakukan oleh puluhan peserta MC 2011. Publikasi teknik pembibitan mangrove sederhana ini, diharapkan bisa ditiru dan diadopsi oleh semua kalangan, terutama bagi para penggiat mangrove di pesisir-pesisir Indonesia. Selamat membaca.

Bagaimanakah cara membibitkan mangrove? Awalnya Saya tidak tahu menahu dengan “hal asing” ini. Akan tetapi, setelah Saya mengikuti acara MC 2011 yang diadakan oleh KeSEMaT kemarin, Saya baru menyadari bahwa ternyata membibitkan mangrove itu sangat mudah, menarik dan menyenangkan. Bahkan, kegiatan ini bisa dilakukan sendiri dengan mudah, sembari “nampang” di depan kamera kita. Amboi..., sedap nian. Langsung saja, berikut ini (lihat gambar di atas, dan klik untuk melihat dengan lebih jelas, proses pembibitan mangrove ala KeSEMaT).

Saya ilustrasikan tentang tata cara pembibitan mangrove melalui cerita bergambar, berikut ini. Kesimpulannya, ternyata membibitkan mangrove itu, tidak seseram yang dulu pernah Saya bayangkan, yang seolah-olah kotor dan melelahkan. Terima kasih Saya sampaikan kepada Sdr. Zaky dari KeSEMaT VIII, yang telah membantu Saya dalam memperagakan proses pembibitan mangrove ini dengan baik dan benar. Semangat MANGROVER!

No comments:

Post a Comment