14.7.17

Inilah, Delapan Website Afiliasi Mangrove KeSEMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT mengkampanyekan mangrove dengan cara berbeda. Tak mau terus menanam dan menanam mangrove saja, namun KeSEMaT lebih fokus ke arah pengembangan karakter dan mental masyarakat agar dapat lebih peduli dengan mangrove dalam kehidupan kesehariannya.

Dengan konsep Mangrove Is Lifestyle (MIL) atau Mangrove sebagai Gaya Hidup, KeSEMaT mengajak semua orang agar dalam kesehariannya selalu memikirkan mangrove.

Untuk menunjang konsep MIL, KeSEMaT telah membangun delapan website afiliasi mangrovenya yang dapat dipergunakan oleh masyarakat umum untuk mempelajari mangrove secara lebih mendalam bahkan terlibat langsung dalam usaha penyelamatannya. Mulai dari kuliner hingga pemetaan, berikut ini adalah delapan website yang merupakan afiliasi mangrove KeSEMaT:

1. KeMANGTEER
KeMANGTEER singkatan dari KeSEMaT Mangrove Volunteer, merupakan wadah komunitas sukarelawan mangrove KeSEMaT di bawah manajemen Yayasan IKAMaT, sejak 17 November 2014.

Berdiri pada tanggal 6 November 2009, KeMANGTEER adalah wadah terbuka bagi siapa saja yang peduli mangrove, dengan bantuan SK Pendirian dari Yayasan IKAMaT, agar pergerakannya lebih mudah dan cepat terafiliasi dengan jaringan mangrove lainnya, yang sudah terhubung dengan KeSEMaT dan Yayasan IKAMaT.

KeMANGTEER dibentuk oleh KeSEMaT dengan SK Pendirian dari Direktur Utama Yayasan IKAMaT, dengan visi dan misi untuk mengkampanyekan mangrove ke seluruh lapisan masyarakat, sebagai sebuah gaya hidup, baik di dalam maupun di luar negeri.

Website KeMANGTEER dapat diakses di http://www.kemangteer.org

2. Yayasan IKAMaT
Yayasan IKAMaT singkatan dari Yayasan Inspirasi Keluarga KeSEMaT (IKAMaT). Website IKAMaT menginformasikan mengenai kabar terbaru, pengumuman dan kegiatan mereka.

Sebagai informasi, IKAMaT berdiri sesuai Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Nomor AHU-11052.50.10.2014 yang didaftarkan oleh Notaris Sular Utarinarum, SH berkedudukan di Kota Semarang sesuai Akta Nomor 10 Tanggal 19 November 2014 dengan nomor NPWP 72.781.423.8-504.000.

IKAMaT adalah yayasan yang bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan, pembinaan, dan peningkatan kualitas hidup masyarakat pesisir dalam bidang sosial, kemanusiaan dan penelitian, menjalin kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan non pemerintah yang bergerak dalam bidang pelestarian ekosistem mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Website Yayasan IKAMaT dapat diakses di http://www.ikamat.org

3. CV. KeMANGI
Berpengalaman mengelola ekosistem mangrove selama puluhan tahun, mulai dari tahun 2001 sampai dengan sekarang, KeSEMaT pada akhirnya berinisiatif untuk lebih mengembangkan organisasi dan usaha dagang serta kampanye mangrovenya ke jalur profesional.

Caranya adalah dengan mendirikan sebuah perusahaan yang memfokuskan dirinya pada jual beli offline dan online produk mangrove dan juga pengerjaan program dan proyek rehabilitasi mangrove dan pesisir di Indonesia.

Salah satu usaha CV. KeMANGI adalah Toko Mangrove Online, yaitu KeMANGI yang berjargon Jual Beli Online Produk Mangrove.

Website CV. KeMANGI dapat diakses di http://www.kemangi.co.id

4. Mangrove Map
Mangrove Map mengembangkan aplikasi, menyediakan jasa surveyor, menyewakan alat pemetaan dan membuat produk pemetaan serta melayani pelatihan mangrove beragam tema untuk berbagi pengetahuan.

Mangrove Map merupakan jasa konsultan yang bergerak di bidang pemetaan mangrove. Mangrove Map berdiri pada bulan September tahun 2013.

Pendiriannya, mengingat kondisi mangrove di Indonesia yang setiap tahunnya mengalami pengurangan jumlah dan kurangnya informasi mengenai perubahannya. Mangrove Map ingin membantu semua pihak dalam mendapatkan data analisis perubahan mangrove dan menginformasikannya secara baik.

Website Mangrove Map dapat diakses di http://www.mangrovemap.com

5. Mas Jamang
Mas Jamang adalah label olahan makanan dan minuman berbahan dasar tepung buah mangrove yang didirikan pada bulan 15 Februari 2013 di Semarang.

Pada awal pendiriannya, Mas Jamang yang masih dibawah manajemen KeSEMaT, mendapatkan modal pengembangan usaha dari PT. Indonesia Power, Semarang untuk membentuk warga binaan di Semarang.

Berlokasi di Mangkang Wetan, Semarang, KeSEMaT telah melaksanakan berbagai program pelatihan, pembinaan dan pendampingan kepada dua kelompok perempuan di kelurahan tersebut.

Warga binaan Mas Jamang terbagi menjadi dua kelompok ibu-ibu pengolah jajanan mangrove, yaitu Bina Citra Karya Wanita dan Bina Karya Sejahtera.

Website Mas Jamang dapat diakses di http://www.masjamang.com

6. Batik Bakau
Nama dan brand Batik Bakau dicetuskan, didirikan dan dikembangkan pada bulan 28 September 2012, di Kantor KeSEMaT. Pada awalnya, Batik Bakau merupakan sebuah usulan program kemahasiswaan untuk Climate Smart Leader (CSL).

Batik Bakau adalah nama label batik mangrove yang mempergunakan bahan pewarna alami dari serasah propagul (buah) mangrove yang telah jatuh ke tanah dan membusuk sehingga ramah lingkungan.

Motif Batik Bakau diambil dari lekukan daun mangrove. Tak hanya itu, bentuk bunga, buah, akar dan flora fauna mangrove lainnya yang sangat indah, menjadi sumber inspirasi tak terbatas.

Website Batik Bakau dapat diakses di http://www.batikbakau.com

7. MANGROVEMAGZ
MANGROVEMAGZ adalah majalah mangrove online yang memiliki tagline Majalah Mangrover Indonesia. MANGROVEMAGZ hanya menyajikan artikel mengenai mangrove dengan segala aspek disekitarnya, yang tak hanya ditulis redaksi sendiri, melainkan melibatkan para kontributor dan penulis MANGROVEMAGZ.

Berdiri pada tanggal 20 Juni 2014 di Banyumanik, Semarang, tujuan didirikannya MANGROVEMAGZ adalah untuk menyatukan semua kabar, berita, artikel dan reportase mangrove dari seluruh Indonesia bahkan dunia, untuk kemudian disajikan dalam bentuk terkini, berupa media majalah online, digital dan offline sehingga kampanye penyelamatan mangrove dapat lebih bergema di kehidupan manusia, di setiap kesehariannya.

MANGROVEMAGZ memiliki visi ke depan untuk mengkampanyekan penyelamatan ekosistem mangrove ke seluruh Indonesia dan dunia.

Website MANGROVEMAGZ dapat diakses di http://www.mangrovemagz.com

8. Mangrover Unite
Mangrover Unite terdiri dari dua kata, yaitu Mangrover yang berarti orang yang mencintai mangrove dan Unite yang berarti bersatu demi mewujudkan tujuan bersama.

Mangrover Unite adalah Indonesia’s Mangrove Fundraising Platform yang berjargon Donate For Mangrove. Mangrover Unite adalah sebuah platform crowdfunding yang menghubungkan antara mangrover yang memiliki ide (campaigner) dengan donatur yang baik hati (donor) untuk saling berkolaborasi dalam pengerjaan proyek sosial, kemanusiaan dan penelitian mangrove.

Kolaborasi antara campaigner dan donor ini bertujuan untuk menyelamatkan hutan mangrove dan membantu penghidupan warga pesisir di Indonesia. Campaigner yang melontarkan idenya dan donor yang membiayai proyeknya.

Website Mangrover Unite dapat diakses di http://www.mangroverunite.org

Demikian, delapan buah website afiliasi mangrove KeSEMaT yang dapat Anda akses untuk lebih mendalami informasi dan pengetahuan mangrove secara lebih mendalam. Selamat berselancar! (ADM).

No comments:

Post a Comment