1.11.17

Ultah ke-16, KeSEMaT Santuni Anak Yatim Piatu

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) dibawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Universitas Diponegoro (UNDIP), Semarang yang telah berdiri sejak tahun 2001, tepatnya pada tanggal 9 Oktober. Selama 16 tahun terakhir ini, KeSEMaT telah banyak menebar inspirasi mangroving dan mendapatkan banyak penghargaan, baik tingkat nasional maupun internasional.

Sebagai bentuk rasa syukur atas usianya yang ke-16 ini, KeSEMaT menyelenggarakan serangkaian acara KeSEMaTBIRTHDAY (KB) 2017. Acara mulai dilaksanakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 di Panti Asuhan Al-Barokah dan hari Sabtu, 21 Oktober 2017 di Rumah Makan Bakmi BM yang merupakan Prosesi Puncak Perayaan Ulang Tahun KeSEMaT yang ke-16.

“Tema KB 2017 kali ini adalah Rise Of Mangrover, dimana dengan tema ini diharapkan dengan semakin bertambahnya usia KeSEMaT yang ke-16 ini, maka akan dapat meningkatkan jiwa mangrover untuk para anggota KeSEMaT sendiri, dan dapat menumbuhkan jiwa mangrover untuk masyarakat, sehingga kedepannya konservasi mangrove ini bisa menjadi sebuah gaya hidup kita semua,” jelas Sdri. Navila Bidasari Alviandini (staf MENPORSI), selaku Ketua Panitia KB 2017.

KeSEMaT Santuni Anak Yatim Piatu
Rangkaian acara KB ini adalah dimulai dengan melaksanakan acara amal "KeSEMaT Berbagi" yang diadakan di Panti Asuhan Al-Barokah, Semarang. Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan, kemudian dilanjutkan dengan bermain games bersama. Setelah itu, diadakan penyerahan bingkisan dan santunan kepada anak-anak yatim piatu, doa bersama dan penutupan.

"Kami berbagi kebahagiaan di Panti Asuhan ini, bersama dengan Pengurus dan Adik-adik panti. Semoga apa yang kami berikan ini, walaupun sedikit, namun akan memiliki manfaat yang banyak untuk panti," jelas Sdr. Anggi Setiabudi (MENDIKTAN) selaku koordinator acara.

Pada malam puncak perayaannya, KB 2017 berlangsung sangat meriah. Tamu undangan datang dari berbagai kalangan, baik dari Alumni KeSEMaT (AMaT), mahasiswa, LSM, masyarakat, dinas dan kolega KeSEMaT lainnya.

Puncak Perayaan Rise Of Mangrover
Sebelum tamu undangan memasuki venue, mereka diberikan secarik kertas untuk menuliskan harapan untuk KeSEMaT dan mangrove di dunia kedepannya, dan dipersilakan untuk berfoto terlebih dahulu di photo booth yang telah disiapkan.

Acara dibuka oleh MC pada pukul 19.00 WIB yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Acara berikutnya adalah pemutaran video perjalanan KeSEMaT dan video ucapan dari berbagai kolega KeSEMaT.

Acara dilanjutkan dengan simbolisasi pemotongan tumpeng yang diwakili oleh Sdr. Febriyadi Fajar Sulistyo selaku Presiden KeSEMaT dan Bpk. Arief Marsudi Harjo selaku Direktur Utama CV. KeSEMaT Mangrove Indonesia (CV. KeMANGI).

Acara selanjutnya adalah games. Para tamu undangan diajak langsung untuk mengikuti games ini dan nampak antusias dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada KeSEMaT. Para mitra kerja dan kolega KeSEMaT memberikan kesan dan pesannya, setelah games selesai.

Makan malam bersama yang diiringi dengan KeSEMaTUSTIK menjadi acara selanjutnya. Banyak harapan di usia KeSEMaT yang ke-16 ini yang disampaikan oleh para tamu undangan pada saat makan bersama.

Salah satu AMaT yang hadir menyampaikan bahwa KeSEMaT saat ini menjadi organisasi mangrove mahasiswa paling berpengaruh di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang berhasil diraih oleh KeSEMaT sebagai organisasi terbaik di Indonesia dan ASEAN.

"Tidak menyangka, organisasi rintisan dari Kakak-kakak Ilmu Kelautan Angkatan 1998 ini, sekarang menjelma menjadi organisasi besar di Indonesia bahkan sampai lingkup ASEAN. Bangga menjadi salah satu bagiannya," jelas salah satu AMAT.   

Sebelum penutupan acara, diumumkan mengenai para pemenang hadiah Upload Foto KB 2017 untuk memeriahkan KB 2017. Keseluruhan acara diitutup dengan pembacaan doa dan foto bersama. (NBA/ADM).

No comments:

Post a Comment