18.11.11

2011, KeSEMaT Berhasil Go International!

Semarang - KeSEMaTBLOG. Tahun 2011, boleh jadi merupakan tahun yang spesial buat KeSEMaT. Selain ulang tahun kesepuluh, 2011 ternyata telah membuat KeSEMaT berhasil Go International (GI). Berhasil mengepakkan sayapnya ke “luar negeri” dengan cara bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta dan beberapa mitra kerjanya, yaitu salah satu badan dunia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia dan sebuah LSM mangrove bertaraf internasional yang berpusat di Thailand, Mangrove For The Future (MFF) Indonesia, saat ini KeSEMaT sedang mengerjakan proyek rehabilitasi mangrove di Semarang dan Demak.

Lihatlah foto di samping ini, ini adalah foto KeSEMaT, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, UNDP dan KKP saat bersinergi di program nasional Ayo Tanam Mangrove (ATM) yang diselenggarakan di pertengahan Oktober kemarin.

Prestasi internasional KeSEMaT ini, tentu saja sangat membanggakan, karena KeSEMaT yang notabene masih merupakan organisasi mahasiswa di tingkat Jurusan Ilmu Kelautan (JIK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP), ternyata telah berhasil bekerjasama dan dipercaya oleh organisasi-organisasi internasional. Keberhasilan KeSEMaT dalam menjalin jaringan yang sangat luas ini, tak lepas dari integritas organisasi mereka dan juga dukungan dari banyak pihak, tak terkecuali JIK FPIK UNDIP.

Disaat LSM luar negeri membanjiri Indonesia dan “menjajah” para kaum muda kita dengan pemikiran asing yang belum tentu sesuai dengan norma dan budaya Indonesia, unit kegiatan kemahasiswaan milik JIK FPIK UNDIP ini mampu mendobrak dominasi itu dan tampil ke depan, menyebarkan konsep-konsep lokal asli Indonesia melalui buku-buku mangrove mereka yang tersebar luas ke luar negeri - hingga ke negara Maldives - dan teknik-teknik rehabilitasi mangrove dan pemberdayaan masyarakat pesisir yang mulai akan diimplementasikan di pesisir pantai utara Jawa. Selamat buat KeSEMaT dan civitas akademika JIK FPIK UNDIP. Semangat MANGROVER!