29.11.11

KeSEMaTER Tanam Pohon di Kawasan Letusan Gunung Merapi

Klaten - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 28 November 2011, mulai pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Sapto Pamungkas (IKAMaT) dan Sdr. Kamto Wahyono (staf MENDIKTAN) telah memenuhi undangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dalam rangka Upacara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Bulan Menanam Nasional (BMN), Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTPP), Serta Kampanye Indonesia Menanam (KIM) tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2011 yang dilaksanakan di Desa Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Acara tersebut diikuti oleh kurang lebih ratusan peserta baik dari kalangan masyarakat, pelajar, mahasiswa, kelompok pecinta alam, LSM dan dinas terkait . Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang diiringi oleh siswa/i SDN Balerante.

Inti dari acara tersebut adalah penyerahan hadiah berbagai lomba oleh Gubernur Jawa Tengah, penyerahan bantuan kepada masyarakat, penandatanganan perjanjian pengelolaan data dan informasi DAS antara BPDAS Pemali Jratun, Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Jratun, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Jawa Tengah, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pengelolaan Sumberdaya Air serta Penanaman pohon.

Dalam acara ini, terlihat respon dari warga sekitar sangat besar. Mereka sadar bahwa menanam pohon sangat penting dalam rangka mengijaukan bumi, melestarikan lingkungan dan menata kembali desa mereka yang terkena dampak akibat dari letusan gunung Merapi, beberapa bulan yang lalu.