4.11.11

KeSEMaT Pembicara Rapat Koordinasi Pengamanan Hutan Mangrove 2011 Dinas Kehutanan Jawa Tengah di Segara Anakan, Cilacap

Cilacap – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 November 2011, KeSEMaT yang diwakili oleh Bapak Arief Marsudi Harjo (DK) telah menjadi Pembicara di Rapat Koordinasi (RAKOR) Pengamanan Hutan Mangrove 2011 yang diselenggarakan di Gedung BKPH Rawa Timur, Cilacap. Agenda yang diinisiasi oleh Dinas Kehutanan (DINHUT)Provinsi Jawa Tengah (JATENG) ini, dimulai pada pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai Kelompok Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di Kabupaten dan Kota Cilacap. RAKOR yang diliput oleh salah satu televisi nasional ini, membahas mengenai pengamanan hutan mangrove yang ada di Segara Anakan, Cilacap.

RAKOR mengundang tiga narasumber yang masing-masing memberikan paparan mengenai hutan mangrove terkait fungsi dan keamanannya. Ketiga narasumber tersebut, yaitu Bapak Arief Marsudi Harjo (KeSEMaT), Bapak Budhiwinarno (Kabid PHKA DINHUT JATENG) dan Bapak Edhy H. (Kasat Bimas dan Limnas Polres Cilacap).

Dalam pemaparannya, Bapak Arief memaparkan mengenai berbagai fungsi dan manfaat mangrove yang salah satunya dimanfaatkan sebagai daerah wisata dan juga bisa digunakan sebagai bahan olahan-dasar makanan dan minuman dengan memanfaatkan buahnya. Selain itu, Bapak Arief juga mempresentasikan Buku Mangrove KeSEMaT (BMK) berjudul “BERAGAM PRODUK OLAHAN BERBAHAN DASAR MANGROVE“ yang didalamnya dijelaskan mengenai bagaimana memanfaatkan mangrove untuk bahan batik, makanan, minuman dan lain-lain.

Pada sesi tanya jawab, peserta mempertanyakan mengenai pengamanan hutan mangrove di Segara Anakan Cilacap yang kurang kondusif karena sering terjadi kasus pembalakan liar. Mereka berpendapat, dengan adanya pengetahuan dari KeSEMaT mengenai manfaat mangrove terkait materi yang disampikan di BMK, maka hal ini dapat dijadikan sebuah inovasi baru yang layak untuk dikembangkan ke masyarakat pesisir di Cilacap dan sekitarnya.