16.11.11

Sisihkan Uang Sekolah dan Kuliahnya, Relawan Mangrove KeMANGTEER Jakarta, Tanam dan Pelihara Mangrove di Pesisir Utara Jakarta!

Jakarta – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 12 November 2011, para KeMANGTEER Jakarta sukses menyelenggarakan Kegiatan Tanam dan Pelihara (Ketapel) Mangrove di Ekowisata Tol Sedyatmo, Jakarta Utara. Dipertemukan di Twitter, dan mulai bergerak melakukan beberapa aksi kampanye penyelamatan mangrove di dunia maya dengan akun Twitter @KeMANGTEER, semenjak Ramadhan, komunitas relawan mangrove KeMANGTEER Jakarta berhasil menghimpun tenaganya, untuk menyelenggarakan aksi Ketapel Mangrove pertama mereka, yang diikuti oleh berbagai pelajar dan mahasiswa, diantaranya dari Universitas Gunadarma dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lihatlah foto di atas ini, inilah para KeMANGTEER Jakarta, para MANGROVER muda Jakarta yang rela berswadaya menyisihkan uang saku sekolah dan kuliah mereka, demi turut serta membantu pemerintah dalam menyelamatkan mangrove Jakarta. Mereka menyisihkan uang rata-rata Rp. 20.000,- untuk menanam dan memelihara belasan mangrove di pesisir Jakarta.

Konsep swadaya seperti yang ditunjukkan oleh anak muda pejuang mangrove Jakarta ini, patut dicontoh dan diacungi jempol. Disaat semua orang berebut proyek mangrove untuk mengisi pundi-pundi rupiah di kantongnya, yang berujung pada kegiatan seremonial mangrove belaka, para relawan mangrove muda Jakarta ini telah membuktikan bahwa tanpa menunggu kucuran dana dari “atas”, mereka bisa berbakti untuk mangrove Jakarta dan menyelamatkan pesisirnya dari abrasi yang berkepanjangan.

Semoga saja, hal ini bisa menginspirasi kita semua untuk mulai mengumpulkan jiwa-jiwa swadaya kita, dalam turut serta membantu Indonesia menyelamatkan mangrove dan warga pesisirnya. Bagi Anda yang ingin mendukung dan bergabung dengan perjuangan dan kegiatan mereka menyelamatkan mangrove Jakarta, silahkan follow akun Twitter mereka, di @KeMANGTEER . Bravo KeMANGTEER Jakarta. Semangat MANGROVER!