24.11.11

@KoinMangrove Ajak Masyarakat Kumpulkan Koin, Untuk Selamatkan Mangrove Indonesia

Semarang - KeSEMaTBLOG. Untuk mewadahi semangat masyarakat Indonesia yang berminat berjuang menyelamatkan hutan mangrove dan warga pesisir Indonesia bersama dengan KeSEMaT dan KeMANGTEER, maka KeSEMaT telah membuka akun Twitter @KoinMangrove sebagai sebuah wadah diskusi dan bertukar informasi mengenai aksi pengumpulan koin untuk penyelamatan mangrove, secara swadaya. Sampai dengan artikel ini ditulis, @KoinMangrove yang baru diluncurkan tanggal 23 November 2011, sudah memiliki 126 follower sebagai representasi dari “kehausan” masyarakat kita akan aksi-aksi penyelamatan ekosistem mangrove di Indonesia yang di tahun 2011 ini, menurut Menteri Lingkungan Hidup sudah rusak hingga 71%. Tentu saja kondisi ini sangat mengkhawatirkan.

Tak mau hanya menggantungkan penyelesaian permasalahan kerusakan hutan mangrove ini kepada pemerintah, maka KeSEMaT yang selama sepuluh tahun ini telah berjuang mati-matian, secara swadaya melakukan berbagai upaya konservasi, penelitian, pendidikan, kampanye dan dokumentasi mangrove di berbagai wilayah pesisir di Indonesia, mengajak peran serta aktif masyarakat Indonesia agar tak hanya berpangku tangan dalam menyikapi hilangnya hutan mangrove Indonesia.

“Masyarakat Indonesia, sebenarnya memiliki semangat konservasi mangrove yang tinggi, namun mereka sepertinya tidak memiliki wadah untuk mengekspresikan jiwa dan semangat cinta mangrovenya, itu,” jelas Aris Priyono, salah satu penggagas @KoinMangrove. Menurut Dewan Kehormatan KeSEMaT tersebut, sangat sedikitnya organisasi dan komunitas peduli mangrove di Indonesia, telah menyebabkan masyarakat agak kesulitan mendonasikan uangnya untuk turut serta membangun kembali mangrove Indonesia.

“Hasil dari pengumpulan koin mangrove ini akan disumbangkan kepada KeSEMaT dan komunitas sukarelawan mangrovenya, yaitu KeMANGTEER. Koin bisa diserahkan secara langsung ke Kantor KeSEMaT, Jl. Ngesrep Barat V/35 Semarang Jawa Tengah. Selanjutnya, KeSEMaT dan KeMANGTEER akan mulai bergerilya membantu penyelamatan hutan mangrove dan warga pesisir Indonesia di beberapa titik mangrove yang rawan kerusakannya dan mencoba memperbaikinya dengan bantuan dana dari masyarakat yang disalurkan melalui @KoinMangrove”, lanjutnya.

Setiap waktu secara berkala, KeSEMaT juga akan mempublikasikan penggunaan dana @KoinMangrove kepada masyarakat, melalui TL @KoinMangrove dan Jaringan KeSEMaTONLINE, dengan tujuan transparansi dana dan agar masyarakat Indonesia mengetahui informasi, sejauh mana perkembangan program-program penyelamatan mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT dan KeMANGTEER dengan bantuan koin dari @KoinMangrove. Ke depan, bila program ini terus didukung oleh masyarakat Indonesia, KeSEMaT berencana akan semakin melebarkan jangkauan penyelamatan ekosistem mangrove ke berbagai pelosok pesisir di Indonesia. Saat ini, memang program penyelamatan mangrove masih terpusat di beberapa titik di Pantai Utara, Jawa.

Bagi masyarakat Indonesia yang berminat untuk turut serta berpartisipasi dalam program @KoinMangrove ini, dipersilahkan langsung follow @KoinMangrove untuk update informasi terbaru aksi-aksi penyelamatan mangrove dan warga pesisir di Indonesia. Tak hanya koin saja, @KoinMangrove juga membuka kesempatan para donatur untuk menyalurkan donasinya ke No. Rek. 2-055-02751-2 Bank Jateng a.n. KeSEMaT. Kami tunggu partisipasi Anda. Mari bersama kita menyelamatkan hutan mangrove dan warga pesisir Indonesia. Semangat MANGROVER!