11.11.11

Kementerian Kehutanan Jakarta dan BPDAS Jawa Tengah Kunjungi MECoK Teluk Awur, Jepara

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 9 November 2011, KeSEMaT telah menerima kunjungan kerja Kementerian Kehutanan (KEMENHUT) Jakarta dan BPDAS Jawa Tengah dalam rangka survei peninjauan lokasi Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur, Jepara. Sebelum dilaksanakan kunjungan, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana (DP), Sdr. Niharul Annas (MENWIRA), Sdr. Tangguh Gilang Pradana (MENWEBNET), Sdr. Ganis Riyan Efendi (Staf MENWEBNET) dan Sdr. Muhammad Faisal Rachmansyah (Staf MENPORSI) mempresentasikan profil MECoK dihadapan KEMENHUT dan BPDAS, dengan tujuan untuk mengenalkan MECoK sebelum dilakukan survei langsung di lapangan. Kunjungan dilakukan di Kantor Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing), Kampus Jurusan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, pada pukul 07.00 WIB.

Presentasi diawali dengan perkenalan para KeSEMaTER, dilanjutkan dengan pemaparan materi MECoK yang disampikan oleh Sdr. Oky Yuripa Pradana. Presentasi berisikan penjelasan tentang latar belakang pendirian MECoK, sejarah pembangunannya, perkembangannya dari tahun ke tahun, sekaligus keadaan fisik MECoK yang luasnya kurang lebih 5 ha. Tidak hanya itu, pada kesempatan ini, juga disampaikan rencana pembangunan MECoK untuk kedepannya, seperti rencana pembuatan mangrove trail, pembangunan menara pengawas dan penataan kembali wilayah yang dianggap perlu untuk dibenahi. Di tengah pemaparan materi, KEMENHUT dan BPDAS mengajukan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi MECoK sekarang dengan beberapa tahun yang lalu.

Dengan diadakannya presentasi ini, diharapkan sebelum mengunjungi MECoK pada keesokan harinya (10/11), sudah didapatkan gambaran dan pandangan tentang keberadaan MECoK di Teluk Awur, Jepara sebagai tempat persemaian dan pendidikan mangrove yang dimiliki oleh KeSEMaT. Kunjungan diakhiri penyampaian kesimpulan dan rekomendasi serta foto bersama.