15.11.11

Pelihara Mangrove, KeSEMaTER Lakukan Apel Mangrove di Mangunharjo, Semarang

Mangunharjo - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 13 November 2011, setelah diselenggarakannya program nasional Ayo Tanam Mangrove (ATM) di bulan Oktober lalu, kami kembali ke pesisir menemui bibit-bibit mangrove. kami. Bersama dengan warga sekitar dan rekan kami dari Biota Foundation, bahu membahu kami memelihara mangrove kami. Dalam sebuah program yang kami inisiasi, yaitu Ayo Pelihara Mangrove (Apel Mangrove), satu persatu sampah plastik, potongan kayu dan sampah lainnya yang mulai berkumpul di sekitar bibit-bibit mangrove kami, kami singkirkan.

Mangrove sering ditinggalkan dan ditelantarkan. Setelah program penanaman mangrove yang seremonial, banyak pihak yang tidak mau lagi kembali ke pesisir untuk sekedar “meng-apeli” mangrove dan memeliharanya dengan baik dan benar. Untuk itulah, apel mangrove kami kali ini, bertujuan untuk memastikan bibit-bibit mangrove kami hidup, sehingga mencapai kelulushidupan yang optimal.

Hasil yang kami dapatkan, sangat menggembirakan, dimana kelulushidupan bibit mangrove kami mencapai 90%. Apel mangrove akan terus kami lakukan secara berkala dan kontinyu agar pesisir Mangunharjo, Semarang segera pulih dari sakit-abrasinya yang berkepanjangan. Amin. Semangat MANGROVER!