12.11.11

Desa Mojo, Surga Mangrove Tersembunyi di Pesisir PANTURA!

Pemalang - KeSEMaTBLOG. Pada bulan Oktober 2011 yang lalu, KeSEMaT yang diwakili oleh Dr. Rudhi Pribadi (Pembimbing) dan Sdr. Tangguh Gilang P. W. (MENWEBNET) telah melakukan monitoring mangrove berkaitan dengan terjadinya kerusakan ekosistem mangrove di daerah Pantai Utara (PANTURA) Jawa Tengah. Kegiatan ini bekerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah desa Mojo, Pemalang. Ekosistem mangrove di desa ini sangat baik, hal ini terlihat dari begitu lebatnya mangrove yang tumbuh. Selain itu, organisasi mangrove dari Jepang, yaitu JICA terlihat juga turut membantu dalam pelestarian ekosistem mangrove di Mojo sehingga kawasan mangrovenya yang memiliki berbagai macam jenis mangrove bisa tumbuh dengan baik bahkan sudah terdapat fasilitas mangrove trail sepanjang kurang lebih 100 meter. Fasilitas lainnya adalah papan nama mangrove yang terpasang di depan setiap jenis mangrove, sehingga memudahkan pengunjung dalam mengidentifikasi mangrove.

Ekosistem mangrove di desa Mojo seperti taman belajar dan bermain yang mengasyikan karena selain tempatnya yang indah dan teduh, tempat tersebut juga sangat cocok untuk berlibur. Maka, tak salah bila desa Mojo, bagaikan surga mangrove tersembunyi yang ada di pesisir PANTURA!