1.11.12

KeSEMaT dan KeMANGTEER Jakarta Hadiri Tanam Mangrove YAPEKA di Pulau Untung Jawa, Jakarta

Jakarta - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 28 Oktober 2012, KeSEMaT dan KeMANGTEERJKT telah menghadiri kegiatan penanaman di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Untung Jawa. Kegiatan penanaman ini adalah kegiatan terakhir dari rangkaian kegiatan MANGROVING yang dilaksanakan oleh Universitas Terbuka, Kanopi Indonesia, dan ketiga mitranya di tiga kota, yaitu Semarang (KeSEMaT), Makassar (Jurnal Celebes), dan Jakarta (Yapeka).

Pada kesempatan kali ini, KeSEMaT diwakili oleh Sdr. Ganis R. E. (MENWEBNET) dan Sdr. Kamto W. (MENDIKTAN). Sedangkan KeMANGTEERJKT diwakili oleh Sdr. Ilham Dewantoro (Ketua) dan para pengurus KeMANGTEER Jakarta, yaitu Sdr. Reza Ramadan dan Sdri. Tuti Alawiyah.

Acara yang dilaksanakan di Pulau Untung Jawa ini, dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dihadiri oleh ratusan siswa-siswi setempat, Kelompok Tani Mangrove P. Untung Jawa, Mahasiswa dan Dosen Universitas Terbuka Jakarta, dan Pemkab Jakarta. Acara dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Yapeka, Kanopi Indonesia, Universitas Terbuka, dan Pemkab Jakarta. Setelah acara sambutan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari Yapeka, kepada tamu undangan dan mitra kerjanya. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara penanaman simbolis di lokasi penanaman.

Seusai penanaman, acara dilanjutkan dengan makan siang dan hiburan. Acara diakhiri dengan doa dan foto bersama.

Dengan berakhirnya kegiatan penanaman di P. Untung Jawa ini, maka berkahir pula rangkaian kegiatan penanaman yang dilaksanakan di tiga kota ini. Diharapkan dengan selesainya rangkaian kegiatan ini, nantinya bibit yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik dan dapat membantu memulihkan ekosistem mangrove yang sebelumnya rusak. Selanjutnya, tiga bulan setelah acara penanaman ini selesai, akan dilaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi guna mengetahui kondisi bibit mangrove yang telah ditanam. Semangat MANGROVER!