1.11.12

KeSEMaT Sosialisasikan Rehabilitasi dan Pemanfaatan Mangrove di Belitung Timur

Belitung Timur - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 21 Oktober 2012, KeSEMaT kembali menjadi narasumber, kali ini dalam acara Sosialisasi Rehabilitasi dan Pemanfaatan Mangrove di Seminar Room OASIS Hotel Belitung Timur. KeSEMaT diwakili oleh Bpk. Arief Marsudi Harjo (DK), Bpk. Rudhi Pribadi (Pembimbing) dan Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (DP).

Acara tersebut diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung Timur yang merupakan rangkaian acara program nasional Sail Morotai 2012. Selain sosialisasi mangrove, juga terdapat kegiatan transplantasi karang, penghijauan pantai serta pelepasan tukik, yang dibuka langsung oleh Bupati Belitung Timur, Bpk. Basuri Tjahaja Purnama.

Peserta yang hadir mencapai kurang lebih 50 orang (indoor) dan 100 orang (outdoor). Mereka berasal dari berbagai macam latar belakang.

Sesi tanya jawab dan diskusi cukup menarik, karena para peserta turut berperan aktif dalam bertanya dan saling berbagi pengalaman kepada narasumber mengenai kondisi ekosistem mangrove yang berada di Belitung Timur.

Walaupun ekosistem mangrove di Belitung Timur masih cukup baik, namun masyarakat setempat belum membudidayakan dan memanfaatkan buah mangrove yang ada menjadi kue, sirup, bolu dan batik.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan bisa membuka wawasan masyarakat Belitung Timur untuk mulai membudidayakan mangrove sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan tidak hanya mengandalkan penambangan timah yang diduga berpotensi merusak alam sekitar. Semangat MANGROVER!