28.11.12

KeSEMaT, UT dan KANOPI Lakukan MONEV 32.500 Bibit Mangrove

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 26 November 2012, KeSEMaT bersama Universitas Terbuka (UT) Jakarta, UT Semarang dan Yayasan Kanopi Yogyakarta, yang didampingi oleh Kelompok Tani Kalisantren telah melakukan program Monitoring dan Evaluasi (MONEV) terhadap bibit mangrove yang sudah ditanam sebanyak 32.500 buah.

Bibit ini telah ditanam pada tanggal 6 Oktober 2012 yang lalu, dalam acara Mangrove REpLaNT 2012 : Bersama UT Membangun Pesisir Pantai, di desa Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Semarang.

Bibit Rhizophora spp yang ditanam, terlihat tumbuh dengan baik, hingga mencapai kelulushidupan 80%. Hal ini merupakan hasil yang cukup baik. Sementara itu, bagi bibit mangrove yang mati, akan disulam dengan bibit yang baru.

MONEV akan dilakukan selama tiga bulan kedepan secara rutin yang akan dilanjutkan oleh masyarakat untuk menjaga kelulushidupannya. Dengan demikian, diharapkan mangrove bisa melindungi seluruh pesisir pantai di wilayah Kecamatan Tugu, Semarang. Amin. Semangat MANGROVER!