22.11.12

Pesona Mangrove Pulau Untung Jawa, Jakarta

Jakarta - KeSEMaTBLOG. Mangrove adalah bakau? Benar atau tidak, ya? Lalu, apa sih pengertian dari mangrove itu sendiri? Dan, bagaimana kondisi mangrove di salah satu kawasan mangrove di Jakarta? Hal-hal ini terungkap di perjalanan MANGROVING salah satu KeSEMaTER, yaitu Sdr. Kamto Wahyono, saat mengunjungi Pulau Untung Jawa, Jakarta beberapa waktu yang lalu. Selamat membaca.

Tahukah Anda? Menurut Tomlinson (1965) mangrove terdiri dari dua bahasa, yaitu Mangue dari bahasa Portugis dan Grove dari bahasa Inggris. Secara umum, mangrove adalah tumbuhan yang terdapat di daerah pasang surut yang mampu beradaptasi terhadap kadar garam air laut. Mangrove memiliki jenis yang sangat banyak dan tersebar di daerah tropis dan subtropis. Sementara itu, bakau adalah salah satu jenis dari mangrove yang biasa disebut dengan Rhizophora sp.

Rhizophora sp (bakau) memiliki ciri-ciri yang sangat mencolok sekali, diantaranya akarnya yang tidak beraturan dan menjulang ke atas seperti cakar ayam dan buahnya yang memiliki bentuk silindris, panjang dan biasa disebut dengan propagul. Bakau merupakan salah satu jenis mangrove yang paling sering dijumpai di Pesisir Pantura Jawa.

Selain itu, bakau jenis Rhizophora stylosa juga dapat dijumpai di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Untung Jawa, Jakarta. Kondisinya lumayan bagus dan dan cukup lebat, ditambah dengan adanya mangrove tracking yang terbuat dari beton yang kokoh dan lebar. Hal ini dapat menambah ketertarikan wisatawan untuk mengunjunginya, sekaligus berwisata mangrove dengan sahabat dan sanak keluarganya.

Lokasi wisata hutan mangrove yang terdapat di Pulau Untung Jawa, juga memiliki tempat pembibitan yang terletak di bawah pohon mangrove yang sudah besar, sehingga tidak membutuhkan tempat pembibitan buatan yang biasa disebut degan bedeng (lihat foto di atas). Secara keseluruhan, Pulau Untung Jawa merupakan pulau yang peduli dan sangat melindungi hutan mangrovenya. Hal ini dibuktikan dengan adanya kelompok tani mangrove yang sangat aktif terhadap program pelestarian lingkungan khususnya ekosistem mangrove. Salam MANGROVER!