28.11.12

KeSEMaT Pertanyakan Kajian AMDAL Pembangunan Pelabuhan di Pesisir Indonesia

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tangggal 26 November 2012, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Yanuar Yogha Pradana (Staf Ahli MENWEBNET) dan Sdri. Siti Nurhidayati (Staf MeNWEBNET) telah menghadiri undangan Seminar Nasional “Harmonisasi Perikanan Tangkap Menuju Industrialisasi” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Perikanan Tangkap Indonesia (HIMPATINDO) di Auditorium Prof. Soedarto Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang.

Seminar yang diselenggarakan dalam rangka agenda tahunan Musyawarah Nasional (MUNAS) HIMPATINDO 2012 ini, dihadiri oleh berbagai mahasiswa Perikanan Tangkap dari seluruh Indonesia, seperti Mahasiswa Perikanan Tangkap Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanudin (UNHAS), Universitas Riau (UNRI), Universitas Brawijaya (UB), dan lain-lain.

Seminar Nasional Perikanan Tangkap yang dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Prof. M Zaenuri, DEA ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu 1. Ir. Heriyanto Marwoto MS (Drektur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia – KKP RI), 2. Prof. Sahala Hutabarat (Mantan Staf Ahli Mentri KKP RI) dan 3. Staf Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) DPP Jawa Tengah.

Pada kesempatan ini, KeSEMaTER menanyakan mengenai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan RI tentang usaha perikanan tangkap. Beberapa hal yang dipertanyakan, diantaranya adalah konsep pembangunan pelabuhan yang ramah lingkungan, kajian analisa dampak lingkungan yang telah dilakukan sebelum pembangunan pelabuhan, dan tindakan konservasi dalam hal ini penanaman dan pemeliharaan mangrove, yang sejauh ini yang sudah dikerjakan oleh pemerintah dan stake holder terkait. Acara berlangsung dengan baik dan lancar yang ditutup dengan makan siang bersama.