9.11.18

Press Release KeSEMaTMENTORING 2018: Bulan Pendampingan Penelitian Mangrove

Semarang - KeSEMaTBLOG. Dengan ini, diberitahukan kepada masyarakat bahwa KeSEMaT melalui salah satu departemennya, yaitu DEPDIKTAN kembali akan menyelenggarakan Program Penelitian tahunannya yang bertajuk KeSEMaTMENTORING (KM) 2018. Informasi selengkapnya mengenai KM 2018, dapat Anda cermati pada informasi di bawah ini.

TERM OF REFERENCES (TOR) KM 2018:

I. JUDUL KEGIATAN
KM 2018: Bulan Pendampingan Penelitian Mangrove.

II. PELAKSANA KEGIATAN
KeSEMaT
Kantor KeSEMaT Semarang:
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No. 113 RT 4/3 Kelurahan Kramas,
Tembalang Semarang,
Central Java 50278 INDONESIA
P. +6281392711780
F. +62247474698
CP. Muksin Purnama +628976749017
E. kesemat@gmail.com
W. kesemat.or.id

III. DURASI KEGIATAN
15 Oktober s.d. 15 November 2018.

IV. MITRA KEGIATAN
KeSEMaT dalam kegiatan ini bekerja sama dengan Alumni KeSEMaT (AMaT).

V. LATAR BELAKANG
KeSEMaT merupakan organisasi keilmuan di bidang mangrove yang bersifat sukarela. Keberadaan organisasi selalu memerlukan keberadaan pengurus dan anggota yang dapat bekerja secara baik, demi kemajuan organisasi. Tanpa adanya kepengurusan dan keanggotaan yang berkualitas dan berkuantitas cukup, maka organisasi tersebut tidak dapat berjalan dengan optimal.

Untuk menjadikan pengurus dan anggota KeSEMaT yang berkualitas dan berkuantitas maka diadakanlah program KM 2018, dengan inti kegiatan berupa pembelajaran KeSEMaT kepada AMaT yang ahli dibidangnya masing-masing, dengan tujuan agar ilmu yang didapatkan dapat menjadikan kepengurusan KeSEMaT menjadi lebih baik.

Selain itu, KM 2018 juga memiliki tujuan untuk memberikan keahlian kepada KeSEMaTER terhadap bidang penelitian mangrove tertentu, sehingga di akhir kepengurusan, mereka akan memiliki keahlian mangrove sesuai dengan bakat dan minatnya.

VI. TUJUAN UMUM
Melakukan kegiatan mentoring antara KeSEMaTER dengan AMaT terhadap topik penelitian mangrove yang sudah ditentukan.

VII. TUJUAN KHUSUS
1. Membekali anggota KeSEMaT dengan keahlian tertentu, sesuai dengan bidang yang diminatinya, khususnya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan mangrove.
2. Meningkatkan ilmu pengetahuan KeSEMaTER terhadap ilmu pengetahaun mangrove sesuai dengan bakat dan minatnya.
3. Memberikan pengetahuan kepada KeSEMaTER mengenai tata cara penyusunan skripsi sebagai bekal dalam mengikuti perkuliahan, terutama tugas akhir.

VIII. DESKRIPSI KEGIATAN
8.1. Pertemuan Pertama
Pada pertemuan pertama, para pementor diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai pengenalan topik yang akan dibahas dan tata cara penulisan skripsi di bagian Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka. Kegiatan ini, dapat dilaksanakan di tempat yang sudah ditentukan dengan peserta mentoring dengan durasi minimal dua (2) jam.

8.2. Pertemuan Kedua
Pada pertemuan kedua, para pementor diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai Materi dan Metode serta Hasil atas topik yang dibahas pada pertemuan pertama dan juga tata cara penulisan skripsi. Kegiatan ini dapat dilaksanakan di tempat yang sudah ditentukan dengan peserta mentoring dengan durasi minimal dua (2) jam.

8.3. Pertemuan Ketiga
Pada pertemuan ketiga, para pementor diharapkan dapat memberikan penjelasan mengenai Pembahasan dan Penutup atas topik yang dibahas pada pertemuan kedua dan juga tata cara penulisan skripsi. Kegiatan ini dapat dilaksanakan di tempat yang sudah ditentukan dengan peserta mentoring dengan durasi minimal dua (2) jam.

8.4. Pertemuan Tambahan
Pada pertemuan tambahan, kegiatan ini dapat dilakukan apabila dari pihak pementor merasa bahwa tiga kali KM yang dilaksanakan masih belum optimal dalam menyampaikan keseluruhan materi. Pada pertemuan ini, para pementor dapat memberikan kuis dan evaluasi terhadap keseluruhan materi, untuk mempersiapkan peserta mentoring dalam menghadapi Ujian Diklat Mangrove (DIKROVE) II yang akan dilaksanakan di akhir kepengurusan dan diuji langsung oleh Pembimbing KeSEMaT.

IX. WAKTU PELAKSANAAN
Waktu: 15 Oktober - 15 November 2018
Durasi: Minimal dua (2) jam setiap pertemuan
Tempat: Kondisional

X. MATERI, PEMENTOR DAN PESERTA
1. Analisis Kepiting Mangrove: Aris Priyono, ST
2. Metode Productivity and Susceptibility Analysis (PSA) Kepiting: Ganis R. E., S.Kel
3. Carbon Stock Assessment: Rohmat K., S.Kel
4. Drone dan Pemetaan Mangrove: Bagus Rahmattullah Dwi Angga., S.Kel
5. Metode Ekstraksi Mangrove: Sulistiowati, S.Si
6. Teknik Rehabilitasi Mangrove: Muhammad Faisal Rachmansyah., S.Kel

XI. KONTAK
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KM 2018 dapat ditujukan kepada:

Sdr. Muksin Purnama
Menteri Pendidikan dan Penelitian KeSEMaT
M. (+62) 8976749017 P. +6281392711780 F. +62247474698
E. kesemat@gmail.com W. kesemat.or.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan dibawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silakan mengunjungi Jaringan KeSEMaTONLINE kesemat.or.id

NB. Jadwal KM 2018 disusun secara tentative.

XII. PENUTUP
Demikian TOR ini kami buat. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas KeSEMaTER dan dapat menjalin silahtuhrami dengan AMaT. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. (MP/ADM).

No comments:

Post a Comment