2.8.19

KeSEMaT Hadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Salatiga

Salatiga - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT memenuhi undangan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (17/7/19) di Salatiga, mulai dari pagi hingga siang hari. Kegiatan yang berlangsung meriah ini, mengharuskan setiap peserta untuk membawa botol minuman sendiri.

Kampanye ini dilakukan untuk mengurangi sampah plastik sekali pakai sehingga peserta dan masyarakat setempat dapat menyadari akan pentingnya menjaga lingkungan di sekitarnya.

Acara dimulai dengan sambutan-sambutan yang dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan talk show bersama Bpk. Ganjar Pranowo, selaku Gubernur Jawa Tengah.

“Kita seharusnya tidak bangga bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik nomor dua di dunia," kata Gubernur. "Semoga melalui kegiatan ini, masyarakat akan lebih peduli dengan sampah plastik. Mulai dengan menggunakan gembes atau tumbler dari rumah, kita bisa mengurangi sampah dengan drastis,” tambahnya.

Selain memberi himbauan kepada masyarakat mengenai pengurangan sampah platik dengan menggunakan botol minuman sendiri dari rumah, Bpk Ganjar juga menyampaikan mengenai keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Jatibarang, yang tujuan utamanya adalah untuk mengurangi sampah di Jawa Tengah.

Sdr. Ilham Kuncahyo (Presiden) yang turut menghadiri kegiatan ini mengharapkan agar pengelolaan sampah di Jawa Tengah dapat dilakukan serius sehingga hasilnya lebih optimal.

"Kami sering melakukan riset di hutan mangrove, terutama di wilayah Jawa Tengah ini dan menemukan banyak sampah di perakaran mangrove," terangnya. "Dengan semangat Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 ini, saya berharap pemerintah lebih serius dalam mengelola sampah agar hasilnya optimal, karena sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan akan berdampak buruk bagi pertumbuhan mangrove di pesisir," pungkasnya. (IK/ADM/RA).

No comments:

Post a Comment