13.4.20

Gagas Tri Pamungkas: SDGs Dapat Dicapai dengan Kerja Sama Lintas Komunitas

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali diundang oleh pihak Earth Our, salah satu program kampanye World Wildlife Fund (WWF), kali ini untuk melakukan diskusi bertemakan Raise Your Voice. Kegiatan yang dilakukan mulai pukul 08.00 - 16.30 WIB ini, berlangsung di dua lokasi, yaitu di Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Semarang. (8/3/20).

Selain KeSEMaT, acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa komunitas lingkungan, diantaranya Seangle, KOPHI dan GAIA Conservation serta Jogja SDGs.

Sdr. Gagas T. Pamungkas (MENPORSI) yang menjadi perwakilan KeSEMaT mengatakan bahwa diskusi membicarakan mengenai bagaimana caranya agar Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencoba menawarkan solusi terhadap beberapa permasalahan lingkungan, seperti perubahan iklim, kelaparan, kemiskinan, dan permasalahan lainnya, mendapatkan perhatian dari pemerintah, agar perencanaan tujuannya menjadi lebih baik dan berkelanjutan, untuk kepentingan bersama.

"Senang sekali, komunitas Jogja SDGs, ternyata saya lihat juga sudah bekerja sama dengan KeMANGTEER Jogja," kata Sdr. Gagas. "Dimana KeMANGTEER Jogja sendiri adalah komunitas relawan mangrove KeSEMaT yang berada di Yogyakarta. Mereka berkolaborasi untuk mengajak warga di sana menanam bibit mangrove. Saya yakin, SDGs akan dapat dicapai apabila lintas komunitas bisa saling bekerja-sama, seperti ini," tambahnya.

Selama kurun waktu 19 tahun ini, KeSEMaT juga terus mendukung terhadap suksesnya poin-poin SDGs, terutama pada poin ke-13, mengenai iklim global.

"Saya berharap, aksi seperti ini terus diperbanyak," ujar MENPORSI. "Dengan demikian, maka akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian lingkungan,” pungkasnya. (GTP/ADM/AP).

No comments:

Post a Comment