17.9.20

KeSEMaT Dampingi KSE UNDIP Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Mangunharjo, Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali mendampingi kegiatan penanaman bibit mangrove. Kali ini, kegiatan diinisiasi oleh Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) UNDIP. Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk mengembalikan rasa kepedulian masyarakat dan mahasiswa dalam menjaga lingkungan sekitar, terutama ekosistem mangrove di Mangunharjo, Semarang. (15/8/20).

Kegiatan dibuka pada pukul 09.00 WIB oleh Master of Ceremony (MC), yang dilanjutkan dengan sambutan oleh Bpk. Sururi dan Bpk. Natanael, selaku perwakilan dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Setelah itu, dilakukan dengan pengenalan mangrove yang dipandu oleh Bpk. Sururi.

Bpk. Sururi menjelaskan bahwa mangrove merupakan benteng pertahanan terdepan dalam menghadapi abrasi pantai. Maka dari itu, program penanaman mangrove harus terus gencar dilakukan di pesisir pantai.

Kegiatan dilanjutakan dengan Penanaman 1.000 Bibit Mangrove, yang sebelumnya telah diberikan pengarahan mengenai Teknik Menanam Mangrove oleh Sdr. Frans Alexander Nainggolan (MENWEBNET).

“Dalam menanam mangrove, pengggunaan tali rafia ditujukan untuk menguatkan ikatan propagul atau bibit dengan ajir bambu, agar tidak roboh pada saat terkena pasang surut air laut,” ujar MENWEBNET. 

Sdri. Peni Anggraelin, selaku Ketua Panitia berterima kasih kepada KeSEMaT dan mengharapkan agar acara ini dapat terealisasi lagi secara kontinyu di tahun depan.

"Aksi pelestarian mangrove seperti ini, harus selalu dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan di pesisir kita,” kata Sdri. Peni. 

Sdr. Paspha G. M. P. (Presiden) mengharapkan bahwa dengan adanya kerja sama ini, maka KeSEMaT akan dapat menebar asas kebermanfaatan kepada lebih banyak pihak.

"Senang sekali, KeSEMaT kembali dapat membantu teman-teman mahasiswa dalam rangka menanam mangrove di kawasan pesisir Semarang," kata Presiden. "Semoga dengan ini, maka KeSEMaT akan selalu dapat menebar kebaikan kepada sesama, terutama dalam rangka menjaga ekosistem mangrove di pesisir Indonesia," tambahnya.

Acara berlangsung dengan baik dan lancar, yang ditutup pukul 11.00 WIB dengan doa dan foto bersama. (ADM/DAZ/FAN).

No comments:

Post a Comment