3.10.20

[DIPERPANJANG] Press Release KeSEMaTCOMPETITION 2020: Lomba Cover Lagu KeSEMaTUSTIK

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali menyelenggarakan program eksternal tahunannya, yaitu KeSEMaTCOMPETITION (KC) 2020: Mangrove Rhapsody (MR) dengan tagline Show Your Creativity. Lomba Cover Lagu KeSEMaTUSTIK (LCLK). KC 2020 ini diadakan dengan tujuan untuk menyebarkan pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove dan menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove di kalangan masyarakat, terutama generasi muda di Indonesia. Selengkapnya mengenai KC 2020 dapat dilihat pada press release KC 2020 di bawah ini: 

LATAR BELAKANG
Mangrove merupakan tumbuhan pesisir yang memiliki peranan sangat penting bagi ekosistem pesisir. Beberapa fungsi penting mangrove, diantaranya sebagai tempat berpijah, beranak pinak dan pembesaran anak bagi fauna pesisir, pencegah abrasi, penjebak polutan, pereduksi gelombang tsunami, ekowisata, pencegah intrusi air laut, pengendali banjir dan lain-lain.

Melihat manfaat mangrove dan potensinya yang begitu besar bagi kehidupan manusia dan lingkungan, namun tidak diimbangi dengan adanya semangat konservasi terhadap ekosistem mangrove, maka dapat membuat kondisinya menjadi terancam.

Selain itu, kegiatan manusia yang tidak ramah lingkungan, sangat mengganggu keberlangsungan ekosistem mangrove, seperti penebangan pohon untuk pembukaan lahan tambak, pembangunan tol laut dan reklamasi lahan, semakin menambah parah kondisinya.

Beragam upaya konservasi pelestarian ekosistem mangrove juga telah dilakukan, dengan harapan akan dapat mengurangi kerusakan yang terjadi, sehingga mangrove dapat lebih berperan optimal bagi kehidupan manusia. 

Melalui KC 2020, KeSEMaT dengan salah satu departemennya, yaitu Departemen Perpustakaan KeSEMaT (DEPUSMAT) mencoba untuk lebih menggali potensi masyarakat, khususnya generasi muda yang merupakan agen utama dalam perubahan.

Kaum muda Indonesia, baik sebagai individu ataupun komunitas yang peduli dengan mangrove bisa jadi berjumlah ribuan bahkan lebih. Pergerakan kaum muda dan komunitas tersebut, seharusnya mendapat perhatian yang lebih dan diapresiasi, karena telah turut aktif dalam upaya menjaga kelestarian ekosistem mangrove, yang tentunya berdampak positif terhadap lingkungan kita.

Maka dari itu, dalam KC 2020, karya-karya yang dikirimkan berupa Video Cover Lagu KeSEMaTUSTIK (VCLK) yang ditujukan untuk memperkenalkan kembali KeSEMaTUSTIK kepada masyarakat luas, serta menginspirasi komunitas musik lainnya agar dapat ikut serta membuat karya bernapaskan lingkungan.

Konsep ini pun dipilih karena dianggap sebagai cara yang paling ampuh untuk dapat menarik perhatian berbagai kalangan, terutama generasi muda dan penikmat musik, sehingga dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan semangat konservasi mangrovenya. Selain itu, melalui LCLK, diharapkan dapat ditemukan talenta-talenta baru dalam bidang musik di Indonesia.

KeSEMaTUSTIK sendiri merupakan komunitas band mangrove besutan KeSEMaT yang memiliki genre musik pop-akustik bernapaskan lingkungan pesisir, terutama mangrove. 

KeSEMaTUSTIK dibentuk untuk menyuarakan lagu-lagu berlirik mangrove, yang sampai saat ini, belum pernah ada, apalagi diperdengarkan ke dunia. Saat ini, lagu-lagu dari KeSEMaTUSTIK telah tersedia di berbagai layanan platform digital, seperti YouTube, Spotify dan Apple Music

Tema KC kali ini adalah MR, yang mengandung filososi bahwa mangrove dapat membawa kegembiraan bagi kita semua. Rhapsody sendiri merupakan kata yang berarti karya dari suatu gerakan yang episodik namun terintegrasi, bebas dalam struktur dan menampilkan berbagai suasana hati yang kontras, berwarna dan bernada. Suasana tersebutlah yang menjadi inspirasi spontan untuk berimprovisasi secara bebas.

Maka dari itu, diharapkan para peserta akan dapat mengimprovisasi kreativitas dan menikmati kegembiraan dalam KC kali ini.

TUJUAN UMUM
Menyebarkan pengetahuan dan informasi mangrove serta menumbuhkembangkan semangat konservasi mangrove di kalangan masyarakat, terutama generasi muda di seluruh Indonesia.

TUJUAN KHUSUS
1. Menumbuhkembangkan kreativitas dalam rangka kampanye penyelamatan mangrove melalui lagu-lagu KeSEMaTUSTIK.
2. Mengetahui seberapa jauh antusiasme masyarakat, khususnya generasi muda terhadap keberlangsungan ekosistem mangrove.
3. Mencari talenta-talenta baru dalam bidang musik. 

DESKRIPSI DAN TAHAPAN KEGIATAN
KC 2020 adalah LCLK bagi kalangan generasi muda Indonesia. Acara yang bertema MR ini, terbagi menjadi beberapa tahapan kegiatan, yaitu: 

1. Tahap Pertama
Pendaftaran peserta lomba pada tanggal 10 September 2020 (diperpanjang sampai dengan 2 Oktober 2020). Peserta dapat mendaftarkan dirinya dengan mengirimkan karya berupa video melalui e-mail KeSEMaT: kesemat@gmail.com.

2. Tahap Kedua
Tahap kedua dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 15 Oktober 2020), berupa penutupan penyerahan file LCLK yang telah dibuat oleh Peserta KC 2020.

3. Tahap Ketiga
Pada tanggal 2 - 4 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 16 Oktober 2020), akan dilakukan penjurian hasil lomba oleh para Dewan Juri KC 2020.

4. Tahap Keempat
Pada tanggal 5 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 19 Oktober 2020), panitia akan mengumumkan Pemenang LCLK KC 2020 melalui Jaringan KeSEMaTONLINE: www.kesemat.or.id.

5. Tahap Kelima
Pada tahap terakhir, yaitu tanggal 7 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 21 Oktober 2020), panitia akan menyerahkan Paket Hadiah dan Trofi KC 2019 kepada para pemenang.

PERSYARATAN UMUM
1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia.
2. Peserta berusia antara 15 hingga 45 tahun.
3. Lomba bersifat perseorangan atau grup, maksimal dua orang.
4. Lomba KC 2020 ini GRATIS dan untuk umum, tidak dikenakan biaya apapun.
5. Peserta wajib memiliki akun Instagram.
6. Peserta mengirimkan karya berupa video saat melakukan cover lagu KeSEMaTUSTIK.
7. Peserta dibebaskan menggunakan aransemen sendiri atau tidak (menggunakan instrumen yang telah disediakan panitia).
8. Peserta hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu karya.
9. Pengiriman karya VCLK dimulai pada tanggal 10 September - 1 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 2 Oktober - 15 Oktober 2020), maksimal pukul 20.00 WIB.
10. Peserta diwajibkan untuk mem-follow akun Instagram KeSEMaT.
11. Peserta diwajibkan untuk men-subscribe kanal YouTube KeSEMaT.
12. Peserta mengirimkan bukti follow dan subscribe berupa screenshot yang dikirimkan bersama dengan karya, melalui e-mail.
13. Karya VCLK akan diunggah full version-nya di YouTube dan cuplikannya di Instagram KeSEMaT.
14. Periode unggahan di YouTube dan Instagram KeSEMaT adalah satu hari setelah karya diterima panitia, sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 15 Oktober 2020), maksimal pukul 20.00 WIB.
15. Peserta diwajibkan untuk mengajak keluarga, teman ataupun koleganya untuk LIKE karyanya di YouTube dan Instagram KeSEMaT.
16. Karya dengan LIKE terbanyak di YouTube KeSEMaT akan menjadi Juara Favorit.
17. Dengan mengikuti KC 2020, maka setiap peserta menyetujui bahwa karya yang dikirimkan ke Panitia KC 2020 akan menjadi hak milik KeSEMaT untuk dipublikasikan ke media sosial dan jaringan online KeSEMaT, sebagai media kampanye penyelamatan mangrove KeSEMaT.
18. Lomba KC 2020 ini, tertutup untuk Keluarga Besar KeSEMaT.
19. Pemenang yang terbukti tidak memenuhi syarat follow dan subscribe akan dianulir kemenangannya.
20. Keputusan dewan juri berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PERSYARATAN KHUSUS
1. Peserta bebas memilih satu lagu, karya dari KeSEMaTUSTIK.
2. Karya diserahkan dalam bentuk video dengan format mp4 dan kualitas HD (1920 x 1080 pixel).
3. Penilaian karya didasarkan pada aspek kreativitas, ekspresi, intonasi, penghayatan dan dinamika.
4. Lagu KeSEMaTUSTIK dapat didengarkan di YouTube atau platform musik lainnya, seperti Spotify dan Apple Music.
5. Chord lagu KeSEMaTUSTIK dapat dilihat di YouTube KeSEMaT. Klik di sini untuk Hijau Lebam dan di sini untuk Mangrove Hidup Kita.
6. Instrumen lagu KeSEMaTUSTIK dapat dilihat di YouTube KeSEMaT. Klik di sini untuk Hijau Lebam dan di sini untuk Mangrove Hidup Kita.
7. Karya dikirimkan ke e-mail: kesemat@gmail.com dengan subjek: KC 2020: LCLK.
8. Format pemberian nama file adalah sebagai berikut: Nama Peserta_Kota Asal_Judul Lagu. Contoh: Faradian Ayu_Semarang_Hijau Lebam.
9. Peserta wajib melampirkan scan atau foto kartu identitas diri (KTP/SIM/identitas lain) dalam e-mail tersebut, yang dilengkapi dengan (a) nama lengkap, (b) alamat domisili sekarang, (c) akun media sosial (Instagram) dan (d) nomor yang dapat dihubungi. Poin (a) – (d) dituliskan dalam kotak deskripsi e-mail.

PENJURIAN
Dewan Juri KC 2020, yaitu:
1. Bpk. Rohmat Kuslarsono, S.Kel (Personil KeSEMaTUSTIK).
2. Sdr. Gagas Tri Pamungkas (Personil KeSEMaTUSTIK).
3. Sdr. Paspha Ghaishidra Muhammad Putra (Presiden KeSEMaT).
4. Bpk. Aris Priyono, ST (Quality Control KeSEMaT).
5. Bpk. Ganis Riyan Efendi, S.Kel (Pemimpin Redaksi MANGROVEMAGZ).

PEMENANG DAN HADIAH
Pemenang KC 2020 akan mendapatkan hadiah berupa: (1) uang tunai (2) paket produk mangrove, (3) trofi dan (4) piagam penghargaan dari KeSEMaT. Semua peserta lomba, juga akan mendapatkan piagam penghargaan sebagai peserta.

Panitia akan menetapkan dua orang pemenang dari lomba tersebut, yaitu kategori Juara Umum dan Juara Favorit KC 2020.

PENGUMUMAN PEMENANG
Pemenang KC 2020 akan diumumkan dan dipublikasikan pada tanggal 7 Oktober 2020 (diperpanjang sampai dengan 19 Oktober 2020), di jaringan KeSEMaTONLINE: www.kesemat.or.id.

KONTAK DAN INFORMASI
Segala bentuk korespondensi berkaitan dengan KC 2020, dapat ditujukan kepada:

Sdri. Siti Munawaroh
(Staf Menteri Perpustakaan KeSEMaT)

CP. +6281390174715

KANTOR KeSEMaT Semarang
Jl. Mulawarman Selatan Dalam II No. 113B
RT 04 RW 03, Kelurahan Kramas
Tembalang, Jawa Tengah
Indonesia

P.+6281392711780 F.+62247474698
E. kesemat@gmail.com W. kesemat.or.id

KeSEMaT adalah Unit Kegiatan Kemahasiswaan di bawah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Semarang. Informasi selengkapnya tentang KeSEMaT, silakan mengunjungi jaringan KeSEMaTONLINE kesemat.or.id

PENUTUP
Demikian press release ini kami sampaikan. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kelestarian alam terutama pesisir pantai dan mangrove. Atas kerja sama semua pihak yang mendukung kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih. Kami tunggu karya VCLK Anda. (ADM/SM/QNH/FAN).

No comments:

Post a Comment