23.6.24

Perkuat Sinergitas Antar Lembaga, KeSEMaT Gelar Sarasehan di Sekretariat IKAMaT

Semarang - KeSEMaTBLOG. Kabinet Nagendra Naratama KeSEMaT menyelenggarakan Sarasehan Antar Lembaga KeSEMaT dan IKAMaT di Sekretariat IKAMaT. Kegiatan sarasehan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan antar dua lembaga, yaitu KeSEMaT dan IKAMaT, sekaligus sebagai sarana menjalin kerja sama dan silaturahmi antara Anggota Baru KeSEMaT (ABK) dengan Alumni KeSEMaT (AMaT), yang saat ini bekerja di IKAMaT. Pada kesempatan ini, para AMaT membagikan pengalamannya ketika masih menjadi mahasiswa dan berorganisasi di KeSEMaT. (22/3/2024).

Sarasehan dibuka oleh Sdr. Agape Lista Anthoni (Presiden) yang dilanjutkan dengan perkenalan dari beberapa ABK dan AMaT dari IKAMaT. Selanjutnya, para AMaT menceritakan mengenai beberapa kegiatan yang dahulu sudah dilakukan di KeSEMaT, suka duka yang dijalani, dan hal-hal positif yang didapatkan selama berorganisasi di KeSEMaT.

“Banyak sekali hal positif yang saya dapatkan selama berorganisasi di KeSEMaT. Salah satunya jaringan mangrove yang sangat luas hingga nasional dan internasional. Selain itu, KeSEMaT juga berhasil membentuk karakter saya menjadi pribadi yang memiliki jati diri dan bermental kuat sehingga sangat berguna pada saat saya bekerja secara profesional di IKAMaT," kata Bpk. Paspha Ghaishidra Muhammad Putra (Manajer Hubungan Masyarakat dan Lapangan IKAMaT). "Hal ini, tentunya sangat mempermudah saya dalam beradaptasi di dunia kerja hingga mendapatkan karir yang sangat baik, seperti sekarang," lanjutnya.

Bpk. Paspha menambahkan bahwa saat ini, IKAMaT sedang banyak menangani proyek pendampingan penanaman dan pemantauan mangrove. Selain itu, IKAMaT juga melakukan beragam proyek riset, pemetaan dan pemberdayaan masyarakat di kawasan mangrove yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ekosistem mangrove dan mewujudkan kemakmuran masyarakat di kawasan pesisir Indonesia.

Direksi IKAMaT juga menyampaikan kegiatannya selama bekerja di IKAMaT, seperti kesehariaan karyawan, sistem kerja, unit bisnis, dan industri mangrove yang dikembangkan di IKAMaT.

“Adik-adik harus bangga menjadi KeSEMaTER karena organisasi mahasiswa ini sudah sangat dikenal tidak hanya di Indonesia saja bahkan di ASEAN. Dengan bersungguh-sungguh menjalankan tanggung jawab di KeSEMaT, Anda nantinya akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan fokus studi kalian di bidang Ilmu Kelautan dan Oseanografi," ujar Ibu Faradian Nurul Hapsari (Manajer Keuangan dan Operasional IKAMaT).

Selanjutnya, dilakukan kegiatan office tour ke Sekretariat IKAMaT yang dipandu oleh Sdr. Anggoro (Staf Manajer Keuangan dan Operasional IKAMaT). Office tour dilakukan mulai dari ruang media, ruang staf humas dan lapangan, ruang direksi, ruang tamu, ruang rapat, dan terakhir ruang manajer.

"Sekretariat IKAMaT sangat bersih, rapi, estetik banget, dan profesional. Tidak menyangka, KeSEMaT memiliki yayasan mangrove terbesar dan sangat berpengaruh di Indonesia," kata Sdr. Dimas Saktia Widianto (Staf MENPORSI). "Setelah sarasehan ini, saya dan teman-teman menjadi semakin bangga sebagai KeSEMaTER dan sangat bersemangat untuk menjalankan tanggung jawab kami selama dua tahun di KeSEMaT," lanjutnya.

Presiden berharap dengan adanya sarasehan ini maka para KeSEMaTER semakin bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam menjalankan roda organisasi di KeSEMaT sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang ekosistem mangrove, yang nantinya dapat berguna untuk karir dirinya sendiri di masa depan bahkan orang lain karena akan diimplementasikan kepada masyarakat.

Keseluruhan kegiatan yang dimulai pada pukul 13.00 - 16.00 WIB ini berjalan dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan penutupan dan foto bersama. (AP/ADM/ALA).

No comments:

Post a Comment