27.7.11

Bupati Jepara, Bapak Hendro Martojo, Buka Langsung Seminar Nasional dan Mangrove REpLaNT 2011 di Teluk Awur Jepara

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 23 Juli 2011, mulai pukul 09.00 WIB – 13.00 WIB, KeSEMaT sukses menggelar perhelatan akbar Seminar Nasional (SEMNAS) Mangrove REpLaNT (MR) 2011 yang diikuti oleh kurang lebih 100 peserta, mulai dari pelajar, mahasiswa, akademisi, LSM, dinas pemerintahan, swasta hingga kementerian. SEMNAS MR 2011 dibuka secara langsung oleh Bupati Jepara, Bapak Hendro Martojo. Dalam sambutannya, sebelum membuka acara, Bapak Hendro Martojo, mengucapkan terima kasih kepada KeSEMaT dan mengapresiasi sangat tinggi program MR KeSEMaT, karena sejak awal dilaksanakan di tahun 2003 hingga 2011 ini, MR terbukti telah berhasil menghijaukan kembali pesisir Teluk Awur Jepara, yang dulunya sangat gersang dan gundul tanpa mangrove.

SEMNAS MR 2011 menghadirkan tiga pembicara, yaitu Bapak Widjo Kongko Ir., M.Eng., Dr. Ing (Cand) dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Jakarta, Bapak Siswanto, M.Sc dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta dan Bapak Dr. Ir. Subandono Diposaptono dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta yang dimoderatori oleh Sdr. Guntur Diantoro (MENDIKTAN). Masing-masing pembicara, berturut-turut menyampaikan materi mengenai Penerapan Bouys untuk InaTEWS, Mangrove dan Issue Perubahan Iklim Pada Laut Benua Maritim Indonesia dan Kebijakan Rehabilitasi Mangrove Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Pesisir di Indonesia.

Dalam sesi diskusi dan tanya jawab, para peserta SEMNAS MR 2011 nampak antusias dalam menanyakan berbagai permasalahan yang terjadi seputar pengelolaan ekosistem mangrove dan mitigasi bencana pesisir. Salah satu hal menarik yang mengemuka dalam sesi ini adalah pembahasan mengenai teknik rehabilitasi mangrove di pesisir Demak yang saat ini sedang dilakukan oleh KKP Jakarta. SEMNAS MR 2011 ditutup dengan pemberian plakat dan kenang-kenangan dari KeSEMaT kepada para pembicara SEMNAS MR 2011.