11.7.11

Lagi, Mangrove REpLaNT Masuk Sebagai “Program Unggulan” Kompetisi Lingkungan Tingkat Nasional

Semarang – KeSEMaTBLOG. Lagi-lagi, program konservasi mangrove tahunan KeSEMaT, yaitu Mangrove REpLaNT (MR), kembali dianugerahi “hadiah bergengsi” oleh penyelenggara program kompetisi lingkungan tingkat nasional. Kali ini, Panitia Program Climate-Smart Leaders 2011, sebuah program penyelamatan lingkungan yang diantaranya diinisiasi oleh Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Jakarta dan The Earth Charter Initiative Costa Rica ini, telah memilih MR yang diusulkan oleh salah seorang KeSEMaTER, yaitu Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI) sebagai salah satu program terpilih, untuk dibiayai dan diimplementasikan di lapangan.

Sebagai informasi, setelah diajukan untuk mengikuti sebuah kompetisi lingkungan, maka MR tercatat sudah tiga kali memenangkan kompetisi dan menjadi program unggulan institusi lingkungan Indonesia yang berafiliasi dengan LSM luar negeri, yaitu tahun 2003 oleh Sdr. Aris Priyono yang didukung oleh Wetlands International Indonesia Programme - Belanda, tahun 2009 oleh Sdr. Sapto Pamungkas dipilih oleh Bayer Young Environmental Envoy - Jerman dan tahun 2011 oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan direkomendasikan oleh Yayasan Pembangunan Berkelanjutan - Costa Rica.

Kemenangan MR yang telah tiga kali diakui oleh institusi lingkungan dari dalam dan luar negeri ini, membuktikan bahwa konsep yang ditawarkan oleh KeSEMaT dalam MR adalah sebuah ide yang baik dan berharga yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan, pelatihan dan kampanye kepada masyarakat akan pentingnya ekosistem mangrove bagi manusia dan bumi, untuk menyongsong kehidupan masa depan yang lebih baik. Semangat MANGROVER!