8.7.11

KeSEMaT Talk Show Mangrove PRO JATENG, LIVE di PROTV Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 7 Juli 2011, mulai pukul 19.00 WIB – 20.00 WIB, KeSEMaT, UNDIP dan Komisi D DPRD Jawa Tengah (JATENG) yang membidangi masalah lingkungan, telah tampil di program Talk Show Mangrove (TSM) PRO JAWA TENGAH yang ditayangkan secara LIVE di PROTV Semarang. PROTV adalah salah satu televisi swasta lokal di Semarang, yang juga memiliki beberapa program terkait isyu teraktual di Semarang dan sekitarnya, tak terkecuali masalah mangrove yang saat ini sedang hangat diperbincangkan. Dalam kesempatan ini, KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan (MENPORSI), bersama dengan Bapak Dr. Rudhi Pribadi (UNDIP) dan Bapak Sasmita (Komisi D DPRD JATENG) telah memberikan pernyataan seputar permasalahan mangrove di Semarang dan sekitarnya.

TSM yag dipandu oleh Ibu Septi dari PROTV ini, berlangsung sangat kondusif, dimana masing-masing nara sumber saling memberikan informasi terkait dengan program dan kegiatan rehabilitasi mangrove yang sedang dilakukan oleh masing-masing institusi. DPRD JATENG banyak menyoroti mengenai kebijakan dan perundangan yang sedang digodok di tingkat dewan. Sementara itu, UNDIP yang diwakili oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, juga menambahkan mengenai berbagai penelitian terkait mangrove yang telah dilakukan dalam upaya turut serta membangun kembali ekosistem mangrove di Jawa Tengah.

Lebih lanjut, KeSEMaT menjelaskan mengenai solusi dan berbagai cara eksekusi serta kampanye mangrove langsung di lapangan, mulai dari akar rumput sampai dengan kementerian di tingkat nasional bahkan internasional, untuk memperkenalkan eksositem mangrove kepada masyarakat luas. Beberapa buah pertanyaan dari masyarakat Semarang yang disampikan melalui telepon, juga sempat menyemarakkan jalannya TSM yang diakhiri dengan sebuah pesan dari ketiga nara sumber, yang diantaranya adalah sebuah ajakan untuk bersama-sama berjuang dalam menyelamatkan ekosistem mangrove di pesisir Semarang, Jawa, Indonesia bahkan dunia.