31.7.11

KeSEMaT Sukses Selenggarakan KeSEMaT GOES TO SCHOOL 2011 di Trimulyo, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali sukses menyelenggarakan program pendidikan mangrove tahunannya, yang bertajuk KeSEMaT GOES TO SCHOOL (KGTS) 2011 : Pengajaran, Lomba Gambar dan Cerdas Cermat Mangrove ke Kalangan Pelajar Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini dilaksanakan pada dua tempat yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 dan 2 yang berada di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengertian, penjelasan, pengetahuan dan informasi mengenai ekosistem mangrove kepada pelajar SD khususnya di Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk, Semarang.

Pada hari pertama dan kedua, dua tim KeSEMaTER telah memperkenalkan pengertian mangrove secara umum kepada para siswa yang masih duduk di kelas V (lima) SD, secara serentak di dua sekolah pada pukul 09.15 WIB - 10.15 WIB. Pengenalan dan pengajaran mangrove yang berdurasi satu jam ini, berlangsung efektif dan meriah dengan adanya hiburan dan kuis berhadiah yang sengaja dikonsep oleh KeSEMaTER dengan tujuan agar para siswa/i lebih cepat menyerap materi yang disampaikan. Beberapa buah pertanyaan juga seringkali disampaikan oleh mereka tanda pengajaran mangrove berjalan efektif dan kondusif.

Hari ketiga adalah acara puncak dari KGTS 2011, yaitu Lomba Gambar Mangrove (LGM) yang bertema `Mangroveku Masa Depanku`, yang diikuti oleh semua siswa/i kelas V. LGM memperebutkan sebuah piala dari KeSEMaT dan hadiah lainnya, masing-masing untuk juara 1 dan 2 pada setiap sekolah. LGM KGTS 2011 ini sangat diminati dan dinanti. Hal ini terbukti dari adanya persiapan dari para siswa/i dalam menyambut KGTS 2011 dengan membawa perlengkapan gambar sendiri. Peserta LGM diberi waktu sekitar dua jam untuk menggambar dan mengkreasikan imajinasi mereka mengenai mangrove yang telah diajarkan oleh para KeSEMaTER selama dua hari terakhir. Setelah LGM selesai, kemudian KeSEMaTER langsung menilai hasil gambar yang akan dipilih menjadi juara 1 dan 2 sembari melakukan permainan dan kuis mangrove, untuk menghibur dan menambah semangat para siswa. Pada akhirnya, telah dipilih empat orang siswa dari masing-masing sekolah sebagai juara 1 dan 2.

Dengan diadakannya KGTS 2011 ini, maka diharapkan rasa cinta dan sayang para generasi muda Indonesia, terutama di wilayah pesisir Trimulyo, Semarang kepada mangrove, bisa semakin dipupuk dan ditumbuhkembangkan untuk menciptakan generasi muda penerus yang berkualitas, yang diharapkan mampu melanjutkan tongkat estafet generasi sebelumnya dalam merehabilitasi ekosistem mangrove dengan cara yang lebih bijak dan bijaksana. Semangat MANGROVER!