15.7.11

KeSEMaT Dampingi dan Suluh Mangrove ke Peserta Coastal Clean Up dan Penanaman Mangrove BEM FPIK UNDIP di MECoK Jepara

Jepara - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 14 Juli 2011, KeSEMaT memenuhi permintaan dari BEM FPIK UNDIP, untuk menjadi pemateri dan tenaga pendamping penanaman mangrove dalam acara bertajuk ”Coastal Clean Up dan Penanaman mangrove” yang diinisiasi oleh Departemen Pengabdian Masyarakat (DIMAS) BEM FPIK UNDIP. KeSEMaT yang diwakili oleh Sdr. Fuad Ashari (Presiden), Sdr. Ganis Riyan Efendi (Staf MENWEBNET), dan Sdri. Susi Rusmiati (Staf MENKOMSI), mendampingi sekitar 35 orang peserta dan panitia.

Acara diawali dengan pemberian materi ruangan tentang mangrove yang disampaikan oleh Sdr. Fuad Ashari, yang berisi penjelasan mengenai pengertian mangrove, fungsi mangrove, zonasi mangrove, dan berbagai hal yang masih berkaitan, yang dimulai pada pukul 07.00 WIB.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan perjalanan menuju lokasi penanaman mangrove yang berada di salah satu area koservasi milik KeSEMaT, yaitu Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK). Mangrove yang ditanam adalah dari jenis Rhizophora mucronata sebanyak 1000 bibit.

Selesai melakukan penanaman, para peserta dan panitia melakukan “tradisi” di dunia mangrove, yaitu perang lumpur beserta para KeSEMaTER, yang diteruskan dengan perjalanan menuju ke bedeng persemaian mangrove di MECoK untuk menempatkan bibit mangrove yang tersisa dari penananam. Diakhir acara, dilakukan foto bersama dan bersih diri di pantai Teluk Awur , Jepara dan dilanjutkan dengan penutupan acara.