29.7.11

Serunya Field Trip Mangrove REpLaNT 2011!

Jepara – KeSEMaTBLOG. Field Trip (FT) Mangrove REpLaNT (MR) 2011, bisa jadi menjadi FT paling lengkap, semenjak pelaksanaan MR mulai dilaksanakan oleh KeSEMaT, dari tahun 2003 sampai dengan sekarang. Apa pasal? Karena selain “menunya” yang sangat variatif, tantangan mengelilingi sebuah pulau kecil di pesisir Jepara menggunakan perahu, menjadi wisata petualangan mangrove yang pastinya tak akan terlupakan bagi semua peserta dan panitia MR 2011.

Setelah dijejali dengan materi-materi mangrove “berat” yang kiranya “membebani” pikiran mereka, pada tanggal 24 Juli 2011, mulai pukul 11.00 WIB, para peserta dan panitia MR 2011 bebas meluapkan kegembiraannya dengan berwisata belanja dan mangrove ke Pantai Kartini dan Pulau Panjang Jepara serta wisata rohani di Masjid Agung Demak, Jawa Tengah.

Di Pantai Kartini, para peserta dan panitia MR 2011 yang sudah melebur menjadi Keluarga Besar (KB) MR 2011 berbelanja oleh-oleh khas Jepara, seperti makanan, kerajinan dan lain-lain. Sementara itu, di Pulau Panjang, mereka mengelilingi pulau tersebut dengan perahu, untuk melihat secara langsung dampak abrasi yang mulai mengikis pesisir Pulau Panjang. Sesampainya di Pulau Panjang, KB MR 2011 melihat secara langsung program rehabilitasi mangrove yang telah dilakukan oleh KeSEMaT dan Pemerintah Kabupaten Jepara, dalam memitigasi bencana pesisir dengan program penanaman dan pemeliharaan mangrove.

Selanjutnya, di Masjid Agung Demak, selain berwisata rohani dan melihat makam Walisongo, KB MR 2011 juga berkesempatan mencicipi Bakso Balungan, kuliner lezat yang menjadi ciri khas Demak. Keseluruhan rangkaian MR 2011 resmi ditutup di Semarang, pada pukul 18.00 WIB di Gedung Serba Guna UNDIP Tembalang. Sampai jumpa di MR 2012. Semangat MANGROVER!