14.7.11

Lagi, KeSEMaT dan Kelompok Kerja Mangrove Daerah Jawa Tengah Sambangi Warga Pesisir PANTURA

Pati – KeSEMaTBLOG. Awal Juli 2011 yang lalu, KeSEMaT dan rekan-rekan dari dinas dan Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Jawa Tengah (JATENG), kembali bekerja menyusuri pesisir Pantai Utara Jawa (PANTURA) untuk menemui masyarakat pesisir secara langsung, dan mendengarkan keluh kesah mereka seputar pengelolaan mangrove di wilayah PANTURA. Dengan tujuan untuk mendapatkan data, masukan, pencerahan dan menjalin komunikasi dan tali silaturahmi dengan warga pesisr, kami langsung terjun ke beberapa titik di Rembang, Pati bahkan Jepara, untuk menerima dan mendapatkan masukan dari mereka, sehubungan dengan akan diadakannya program workshop sinergitas mangrove, yang akan kami laksanakan di akhir Juli ini.

Workshop ini, sudah dua kali ini, kami laksanakan. Tujuan utamanya adalah untuk mengumpulkan semua penggiat mangrove, mulai dari akademisi, LSM dan dinas-dinas pemerintahan terkait pengelolaan ekosistem mangrove di Jawa Tengah, agar bisa bersilaturahmi, bertemu dan bersama-sama merumuskan satu tujuan demi peningkatan pengelolaan mangrove, untuk mencegah terjadinya kerusakan mangrove di PANTURA.

Program Monitoring dan Evaluasi (MONEV) seperti ini, memang secara rutin terus kami lakukan di setiap beberapa bulan sekali, agar kami mendapatkan informasi terkini dari masyarakat pesisir, untuk kemudian kami bawa ke tingkat provinsi bahkan kami rekomendasikan ke pusat, agar.kebijakan dan tata aturan mangrove bisa semakin padu dan bersinergi. Walupun memang masih belum optimal, namun kami yakin, hal ini adalah baik, demi membantu warga pesisir dan mangrove sehingga masa depan kita akan bisa lebih baik dari sekarang. Amin. Semangat MANGROVER!