28.7.11

Cegah Kesalahan Program Rehabilitasi Mangrove, KeSEMaT Ajarkan Teknik Pembibitan dan Pemeliharaan Mangrove ke Peserta Mangrove REpLaNT 2011

Jepara – KeSEMaTBLOG. Dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan yang terus terjadi di pesisir, sehubungan dengan kurang kuatnya konsep rehabilitasi mangrove yang telah dijalankan oleh beberapa penggiat mangrove, maka pada tanggal 23 Juli 2011, mulai pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB, KeSEMaT telah mengajarkan teknik pembibitan dan pemeliharaan bibit mangrove kepada para peserta pelatihan Mangrove REpLaNT (MR) 2011. Pelatihan Pembibitan dan Pemeliharaan Mangrove ini, diadakan di Kebun Pembibitan Mangrove KeSEMaT yang merupakan salah satu bagian dari area konservasi di Mangrove Education Center of KeSEMaT (MECoK) di Teluk Awur, Jepara.

Pelatihan mangrove diberikan oleh Sdr. Kamto Wahyono (DEPDIKTAN), yang meliputi teknik pembibitan, penancapan propagul ke polybag, cara pemasukan sedimen ke polybag, konsep kanopi, dan lain sebagainya. Setelah propagul dari tiga jenis mangrove, yaitu Ceriops, Bruguiera dan Rhizophora selesai dibibitkan di polybag dan dimasukkan ke bedeng persemaian, kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung teknik pemeliharaan dan penyulaman mangrove di sekitar MECoK. Kegiatan pelatihan mangrove diakhiri dengan perang lumpur dan prosesi bersih diri di pantai Teluk Awur, Jepara.