17.7.13

CV. KeMANGI Dampingi Program Penghijauan PT. Indonesia Power, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada akhir Desember 2012 yang lalu, CV, KeMANGI mendampingi PT. Indonesia Power Semarang melakukan program Pembuatan Master Plan dan Penghijauan di area kerjanya, di sekitar Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Bibit tanaman yang ditanam adalah dari jenis mangrove mayor Avicennia dan mangrove asosiasi Casuarina, sebanyak 9.000 bibit.

Dalam kesempatan ini, CV. KeMANGI yang juga dibantu oleh KeSEMaT, bertindak sebagai Tim Ahli Penanaman dan Pendampingan Penghijauan yang melaksanakan pekerjaan pemetaan, pengadaan bibit mangrove, penanaman dan juga pendampingan dalam pemeliharaan selama kurang lebih tiga bulan, mulai dari Oktober sampai dengan Desember 2012. Program dilakukan dengan cara memetakan lokasi penanaman terlebih dahulu, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan penanaman di beberapa titik.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah selain menghijaukan area kerja PT. Indonesia Power, Semarang, juga untuk membantu pemulihan kawasan pesisir di Semarang Utara, yang kondisinya sangat memprihatinkan, dimana rob dan abrasi yang tinggi menjadi salah satu ancaman bagi kelestarian alam dan pesisirnya.

Kelulushidupan bibit mangrove yang ditanam, cukup baik, lebih dari 80%. Satu hal yang menjadi kendala dalam kegiatan penghijauan di kawasan ini adalah penurunan tanah yang saat ini terus terjadi di Semarang, sehingga banjir pasang (rob) terjadi setiap hari, yang bisa mengganggu pertumbuhan bibit mangrove yang telah ditanam.

Namun demikian, dengan program pemeliharaan dan pengawasan yang rutin dilakukan oleh PT. Indonesia, CV. KeMANGI yang dibantu juga dengan KeSEMaT, kedepan diharapkan kelulushidupan bibit mangrove yang telah ditanam mampu bertahan dengan baik sehingga tercipta keseimbangan alam, juga kondisi hijau dan sejuk di area kerja PT. Indonesia Power, Semarang.