16.7.13

Program Rehabilitasi Mangrove BUMN Peduli 2013, Sukses!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Selama kurun waktu Januari sampai dengan Mei 2013, CV. KeMANGI bersama dengan mitra kerjanya, yaitu dari Perum Perhutani Jakarta yang dibantu oleh kelompok-kelompok nelayan dan petani mangrove di pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah (Jateng) telah menanam 176.750 bibit mangrove jenis Rhizophora, Avicennia dan Casuarina di empat belas lokasi, mulai dari Rembang, Semarang hingga Brebes.

“Senang sekali, setelah dilakukan program monitoring dan evaluasi (monev), program Rehabilitasi Lahan Kritis BUMN Peduli 2013, menghasilkan kelulushidupan bibit mangrove yang cukup tinggi, lebih dari 86%,” jelas Sdr. Handung Nuryadi (CV. KeMANGI) selaku Koordinator Lapangan. “Partisipasi dari masyarakat juga sangat baik, dimana mereka sangat kooperatif dan mendukung semua tahapan program yang telah ditentukan,” tambahnya.

Namun demikian, dapat dilaporkan bahwa di beberapa lokasi masih terdapat kendala, terutama abrasi yang tinggi di wilayah Pati, dan ditemukannya hama mangrove, seperti kambing, kepiting dan beberapa oknum warga yang masih belum mengerti mengenai fungsi dan manfaat mangrove.

Keseluruhan program berjalan dengan baik dan sukses, yang semoga saja dapat memberikan andil dan keluaran yang baik, bagi kelestarian mangrove dan juga kemakmuran warga pesisir Indonesia. Amin.