17.7.13

Program Green Airport, Tanam 25.000 Mangrove di Semarang!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Selama bulan Mei sampai dengan Juni 2013, Program Green Airport (PGA) yang diinisiasi oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Semarang, telah berhasil menanam 25.000 mangrove jenis Rhizophora dengan tingkat kelulushidupan sangat tinggi, mencapai 90%. Keberhasilan program penanaman mangrove yang dipusatkan di kawasan mangrove di sekitar Bandara Ahmad Yani, Semarang ini, tak lepas dari konsep penanaman dan pemeliharaan mangrove yang baik, kondisi geografis yang mendukung dan partisipasi dari berbagai pihak, baik swasta, pemerintahan maupun warga sekitar.


Dalam kesempatan ini, CV. KeMANGI bertindak sebagai Pendamping Penanaman dan Pengadaan Bibit Mangrove, yang dibantu juga dengan Rekan-rekan dari KeSEMaT. Beberapa hal yang menjadi perhatian dalam pengembangan kedepan program ini, diantaranya adalah kondisi ekosistem mangrove di sekitar kawasan Bandara Ahmad Yani yang dapat menambah populasi burung secara signifikan.

Untuk itulah, diperlukan berbagai upaya dan konsep yang lebih matang, agar tumbuh kembang mangrove yang sudah sangat baik di kawasan ini, tidak terganggu dengan SOP pihak bandara, demi kelestarian mangrove, pesisir dan warga sekitar, juga keseimbangan alam dan lingkungan.