24.7.13

KeSEMaTER Mengajar Mangrove di SD Sumurboto, Semarang!

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 22 Juli 2013, pukul 06.00 WIB, para KeSEMaTER sudah bersiap siap untuk pergi mengajar mangrove ke SD Sumurboto, Semarang. Acara ini bernama KGTS (KeSEMaT Goes To School) 2013 dengan tema “Mangrove Tale”. Tale dalam Bahasa Inggris memiliki arti dongeng. Tema ini diambil karena saat puncak acara, terdapat kegiatan mendongeng Bomang (Boneka Mangrove) oleh para KeSEMaTER.

Pukul 08.00 WIB acara dimulai. Acara pertama adalah penyampaian materi tentang mangrove yang diselingi dengan kuis untuk menambah antusiasme para siswa kelas 5 SD Sumurboto. Kuis dengan materi tentang mangrove yang telah disampaikan para KeSEMaTER, cukup meriah karena para siswa banyak yang mengacungkan tangan. Dalam acara ini, KeSEMaTER dibagi menjadi 2 tim. Tim 1 mengajar di kelas 5A SD Sumurboto, sedangkan Tim 2 mengajar di kelas 5B SD Sumurboto. Setelah penyampaian materi selesai, tibalah saatnya pada puncak acara, yaitu mendongeng BOMANG. Para siswa kelas 5B SD Sumurboto mendengarkan dongeng dengan semangat dan seksama.

Setelah BOMANG, acara masih dilanjutkan dengan lomba gambar. Para siswa kelas 5 SD Sumurboto menggambar dengan imajinasi dan kreasi mereka. Hasilnya pun cukup bagus. Pemenang lomba gambar kelas 5B SD Sumurboto, yaitu Petra Greatlynieda (juara 1), Sofyan Kristiyanto (juara 2) dan Andiena Dricahya (juara 3). Sedangkan dari kelas 5A adalah Calista Putri Yandra (juara 1), Rima Azzahra (juara 2), dan Danendra F. M. (juara 3). 

“Walaupun cita-cita saya ingin menjadi guru komputer, namun ini adalah pertama kalinya saya mengajar siswa kelas 5 SD. Rasa tegang dan penasaran bercampur dalam diri saya. Acara ini cukup menguras tenaga, apalagi ini bulan puasa. Namun, rasa lelah pun terbalaskan dengan tingkah laku adik Adik kelas 5 SD yang cukup menggemaskan. Saya sangat terkesan dan senang mengikuti KGTS 2013,” jelas Sdr. Dadang, salah satu KeSEMaTER yang menjadi Guru Mangove di pagi itu. Acara berlangsung sukses dan lancar yang ditutup dengan pemberian sertifikat dan foto bersama, bersama guru dan para siswa kelas 5 SD Sumurboto serta para KeSEMaTER. Semangat MANGROVER!