8.7.13

KeSEMaT dan KeMANGTEER Jakarta Hadiri International Symposium on Coastal Cities

Jakarta – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 5 Juli 2013, KeSEMaT diundang untuk menghadiri Simposium Internasional di Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok. Kegiatan yang bertajuk “International Symposium on Coastal Cities, Marine Resources and Climate Change in the Coral Triangle” ini diasosiasi oleh APRU (Association of Pacific Rim Universities) dan RCCC (Research Center for Climate Change) UI bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Dewan Nasional Perubahan Iklim, dan Coral Triangle Initiative Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Apung UI “The Crystal of Knowledge.”

Beberapa materi yang disampaikan, diantaranya “Policy and Implementation on Climate Adaptation in Indonesia’s Coastal Areas” yang disampaikan oleh Director on Coastal and Ocean Affairs, Ministry of Fisheries and Marine Resources dan “Restoring Eroding Mangrove-mud Coastlines Using Hybrid Engineering Measures” yang disampaikan oleh Bregje van Weesenbeeck dari Deltares, Netherlands.

Acara berlangsung dengan lancar dan penuh antusiasme antara pembicara dengan peserta. Selain diisi dengan beberapa oral presentasion, kegiatan juga diisi dengan poster presentasion dari para peneliti yang melakukan penelitian berkaitan dengan isu-isu lingkungan.

Dalam acara simposium kali ini, hadir Sdr. Tangguh Gilang P. W. (IKAMaT), Sdri. Annisa Pertiwi (DP), Sdri. Hilda Yuli Hermayanti (IKAMaT), Sdri. Vera Chandra Puspitasari (MENPUSMAT) dan Sdr. Galih Eko Nugroho (MENKOMSI) dari KeSEMaT dan beberapa anggota KeMANGTEER Jakarta (KeSEMaT Mangrove Volunteer) Regional Jakarta.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB ini diisi oleh para pakar lingkungan, profesor, ilmuwan dan mahasiswa dari dalam maupun luar negeri. Dengan adanya simposium ini, kita berharap kepedulian kita terhadap lingkungan mangrove, pesisir, sumberdaya laut, dan tentu saja perubahan iklim di kawasan pesisir umumnya dan Indonesia khususnya akan semakin meningkat. Semoga. Semangat MANGROVER!