16.7.13

PT. Pertamina dan CV. KeMANGI Lakukan Penghijauan Pantai di Jepara

Jepara – KeSEMaTBLOG. Pada bulan Desember 2012 sampai dengan Juni 2013, CV. KeMANGI bekerjasama dengan PT. Pertamina telah menanam bibit mangrove asosiasi, yaitu Cemara Laut dan Nyamplung serta Kelapa sebanyak 16.000 bibit di beberapa lokasi di pesisir Jepara, yaitu Semat, Platar, Teluk Awur, Tanggul Tlare dan Bulak Baru. Kegiatan ini mendapat dukungan sepenuhnya dari PT. Pertamina, pemerintah daerah dan juga warga Jepara.

Dibantu dengan KeSEMaT dan afiliasi CV. KeMANGI lainnya, setelah dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi, didapatkan tingkat kelulushidupan bibit sebesar 70%, dengan beberapa kendala yang dihadapi, seperti abrasi, angin kencang dan hama kambing dan sapi.

Hasil dari program Penghijauan Pantai Jepara ini, cukup menggembirakan, dimana mampu menghijaukan kembali kawasan pesisir di Jepara dan membantu keseimbangan alam dan juga warga sekitarnya agar mendapatkan kondisi lingkungan yang lebih baik.

Pohon kelapa dipilih karena selain menghasilkan dari sisi ekonomi juga mampu membuat pesisir menjadi hijau dan sejuk. Khusus untuk mangrove asosiasi, maka tanaman ini akan menyerap bahan pencemar dan limbah rumah tangga yang masuk ke perairan.

Sehubungan dengan adanya perkampungan di wilayah pesisir, maka kehadiran vegetasi mangrove yang lebat akan mampu mengurangi pencemaran lingkungan sehingga kualitas hidup warga akan meningkat.