29.7.13

Dongengkan Mangrove, KGTS 2013 Sukses Road Show ke SD-SD di Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 22 sampai dengan 26 Juli 2013, KeSEMaT dengan program tahunannya, yaitu KeSEMaT Goes To School (KGTS) 2013 bertajuk Mangrove Tale, sukses membagikan pengetahuan mangrovenya kepada para pelajar di empat Sekolah Dasar (SD) di Semarang, yaitu di SD Sumurboto, Tembalang, Pleburan dan Pekunden. Lihatlah foto ini, terlihat para KeSEMaTER bertindak sebagai Guru Mangrove Muda, mengajarkan ilmu-dasar-mangrove kepada adik-adiknya.

Di setiap harinya, secara bergantian, para Pengurus Kabinet KeSEMaT Sinergi, berkunjung ke SD-SD, menyambangi adik-adiknya, melakukan pengajaran, lomba gambar, mendongeng, memberikan beragam kuis, permainan dan terkadang juga bercanda dengan mereka, dengan satu tujuan, untuk lebih mendekatkan diri, sekaligus melakukan transfer ilmu mangrove kepada para generasi muda, penerus bangsa.

Ada satu catatan penting dalam KGTS 2013, yaitu mengusung konsep dongeng mangove ke sekolah-sekolah yang jauh dari pesisir pantai. Hal ini dilakukan, dengan tujuan menjelaskan kepada para pelajar, bahwa fungsi dan manfaat mangrove, tak hanya berlaku bagi warga pesisir saja, melainkan semua warga perkotaan yang mendiami di sebuah kawasan.

Dengan demikian, di masa mendatang, di saat mereka tumbuh dan menjadi pemangku kebijakan mangrove di negeri ini, akan mampu melihat ekosistem mangrove sebagai sebuah sumber daya produktif, yang memiliki fungsi dan manfaat tinggi, sehingga kebijakan yang dihasilkan lebih bisa optimal. Amin. Semangat MANGROVER!