5.7.13

59.000 Mangrove Ditanam di Maron, Semarang

Semarang – KeSEMaTBLOG. Pada tanggal 2 Juli 2013, KeSEMaT yang diwakili oleh Ikatan Alumni KeSEMaT (IKAMaT), yaitu Sdr. Fuad Ashari dan Sdr. Cahyadi Adhe Kurniawan, mengikuti kegiatan Fun Bike (FB) dan Penanaman Mangrove yang diadakan oleh PT. Phapros. Acara ini digelar untuk memperingati 59 tahun berdirinya PT. Phapros. Acara dimulai pada pukul 06.00 dengan FB dari Bandara A. Yani Semarang menuju kawasan mangrove di Pantai Maron, Semarang. 


Selesai FB, kegiatan dilanjutkan dengan peresmian gardu pandang yang baru saja dibangun oleh PT. Phapros. Gardu pandang tersebut berfungsi untuk mengamati perkembangan mangrove dan biota didalamnya yang terletak di di kawasan pesisir Maron. Kemudian acara berlanjut dengan penanaman 59.000 bibit mangrove jenis Rhizophora.

Acara ini diikuti oleh ratusan peserta dari karyawan PT Phapros, Penerbad, perwakilan PT Angkasa Pura, para petani tambak sekitar lokasi dan KeSEMaT. Plt walikota Semarang juga turut hadir dalam acara ini. 

Sebagai informasi, KeSEMaT dan PT. Phapros telah bekerjasama dalam melakukan penelitian mengenai potensi keanekaragam flora dan fauna di pesisir Maron. Untuk itu, kegiatan ini, merupakan salah satu kegiatan lanjutan, untuk mengelola kawasan pesisir Maron secara optimal.

Kegiatan pelestarian mangrove di pesisir Semarang seperti ini, perlu terus didukung dan dilanjutkan dengan program pemeliharaan, dengan tujuan untuk mencegah terjadinya bencana abrasi, rob, badai dan gelombang pasang serta bencana lain yang mengancam pesisir Semarang. Semangat MANGROVER!