10.7.13

Wetlands International dan KeSEMaT Kunjungi Timbulsloko, Demak

Demak – KeSEMaTONLINE. Pada tanggal 8 – 9 Juli 2013, Bapak Audrie J. S. dari Wetlands International (WI) berkunjung ke Kantor KeSEMaT. Kunjungan ini, selain dalam rangka silaturahmi, juga membicarakan mengenai program Mangrove Capital, yang sedang dilaksanakan WI, WI Indonesia bekerjasama dengan KeSEMaT dan mitra kerja lainnya, yang dipusatkan di Demak, Jawa Tengah. Beberapa kegiatan seperti penelitian awal mengenai teknik pembuatan sabuk pantai dengan konsep Hybrid Engineering (HE) yang ramah lingkungan dan pelatihan-pelatihan, juga sedang dijalankan.

Selama beberapa hari di Semarang, WI yang ditemani langsung oleh Sdr. Amrullah Rosadi (Presiden), Sdri. Vera Chandra (MENPUSMAT) dan Sdr. Hilda Yuli (IKAMaT) tak hanya berkunjung ke Kantor KeSEMaT saja, melainkan juga melihat secara langsung kondisi mangrove di pesisir Demak, yang mengalami tingkat abrasi yang sangat tinggi. Di Demak rombongan bertemu dengan Pak Salim, seorang warga sekitar yang menceritakan sejarah dan kondisi terbaru pesisir Demak, serta program rehabilitasi mangrove yang akan, sedang dan sudah dilaksanakan.

Untuk membantu warga pesisir Demak, dalam beberapa waktu ke depan, WI, WI Indonesia, KeSEMaT dan mitra lainnya direncanakan akan mengimplementasikan penelitian awal HE yang ramah lingkungan - dengan cara membangun APO dari bambu yang dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menahan gelombang, mengurangi abrasi dan erosi dan menjebak sedimen yang pada akhirnya mampu membentuk daratan baru yang siap dijadikan sebagai lahan penanaman bibit mangrove -, untuk membantu penyelamatan ekosistem mangrove dan pesisir di Demak, demi masa depan warga sekitar yang lebih baik. Amin. Semangat MANGROVER!