7.7.13

Senangnya Jualan Pakaian, Untuk Selamatkan Mangrove Indonesia

Semarang – KeSEMaTBLOG. Selalu ada ide kreatif, untuk menyelamatkan ekosistem mangrove di Indonesia secara swadaya. Salah satunya adalah dengan berjualan pakaian layak pakai, yang keuntungannya kami gunakan sepenuhnya untuk membiayai program-program MANGROVING kami, dalam rangka menyelamatkan ekosistem mangrove di beberapa pesisir yang rawan abrasi. Lihatlah foto ini, setelah kami mengumpulkan pakaian layak pakai dari rekan-rekan kami, kami menuju ke CFD di Semarang untuk menjualnya ke warga sekitar yang membutuhkan.

Alhamdulillah, beberapa kali kami ke CFD, mampu menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mendanai kampanye mangrove kami agar terus berkelanjutan, hadir di setiap generasi. Sambil berjualan, tak lupa kami juga mengkampanyekan penyelamatan mangrove kepada para pembeli bahwa di Semarang sendiri, sedang terjadi abrasi pantai dan bencana rob.

Senang sekali, kehadiran kami di setiap CFD mampu memberikan warna tersendiri bagi masyarakat di Semarang, karena tak hanya berjualan saja, kami juga mencoba memasukkan unsur kampanye mangrove di setiap aksi jualan kami. Tentunya, ini terus kami gaungkan, karena ekosistem mangrove di Semarang sudah rusak 90%.

Sebagai informasi, bencara rob, yaitu air pasang yang menggenangi perumahan warga hingga masuk ke kota, telah menjadi pemandangan umum yang terjadi setiap hari di pesisir Semarang. Ini terjadi disebabkan penurunan tanah dan juga kegiatan perusakan mangrove dan pesisir lainnya, yang semakin memperparah keadaan.

Semoga saja, dengan adanya kampanye penyelamatan pesisir dan mangrove yang terus kami kumandangkan ini, sedikit banyak bisa meningkatkan kesadaran masyarakat Semarang akan pentingnya wilayah pesisir dan mangrove bagi kehidupan manusia dan keseimbangan alam di masa depan. Amin. Semangat MANGROVER!