26.8.23

KeSEMaT Lakukan Pendampingan Penelitian Jasa Ekosistem Mangrove kepada Mahasiswa S2 Institut Pertanian Bogor di Semarang

Semarang - KeSEMaTBLOG. KeSEMaT kembali melakukan kegiatan pendampingan penelitian mangrove, kali ini kepada Sdri. Fani Safitri, yang merupakan mahasiswa Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Lautan (SPL), Institut Pertanian Bogor (IPB University) mengenai Distribusi Spasial dan Penilaian Terhadap Jasa Ekosistem Mangrove di Empat Kelurahan di Kota Semarang. (3-4/1/2023).

Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Mangkang Wetan, Mangunharjo, Tapak, Kecamatan Tugu dan Kelurahan Tambak Rejo, Kecamatan Waru, Semarang, Jawa Tengah.  

“Kegiatan yang kami lakukan di empat kelurahan yang berbeda di Semarang,“ jelas Sdr. Faiz Ghoffar Ardani (Presiden). “Saya bersama tim melakukan wawancara dengan nelayan, petani tambak dan petani mangrove di empat wilayah tersebut,” lanjutnya. 

Wawancara dengan nelayan sekaligus pengepul hasil tangkapan para nelayan dilakukan di Kelurahan Mangunharjo. 

“Saya biasanya berlayar pada malam hingga pagi hari, namun hasil tangkapan tiap harinya tidak menentu karena sangat bergantung pada kondisi cuaca dan arah angin,” jelas Bpk. Bambang (nelayan di Mangunharjo). 

Tim KeSEMaT juga menanyakan mengenai pemahaman narasumber terhadap ekosistem mangrove, baik dari sisi ekologi, biologi dan ekonomi. Selain itu, juga ditanyakan mengenai keuntungan yang didapatkan oleh narasumber dari pemanfaatan ekosistem mangrove di wilayah tersebut.

“Kita tahu, bahwa mangrove memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah sebagai pelindung pesisir. Maka dari itu, kami mulai melakukan penanaman mangrove," kata Bpk. Juraimi (Ketua Kelompok CAMAR). "Selain itu, dalam menanam mangrove, kami juga harus memiliki hati yang bersih dan ikhlas, karena kalau dengan paksaan, maka mangrove tidak akan tumbuh menjadi pohon yang bermanfaat,” lanjutnya.

Tidak lupa, Sdri. Fani mengucapkan banyak terima kasih karena KeSEMaT sudah bersedia mendampinginya dalam melakukan penelitian S2-nya.

"Saya banyak mendapatkan informasi seputar mangrove yang memang sangat dikuasasi oleh KeSEMaT, yang sudah lama berkecimpung dalam pemberdayaan masyarakat dan jasa ekosistem mangrove," kata Sdr. Fani. "Terima kasih kepada KeSEMaT karena sudah banyak membantu dalam penelitian S2 saya," lanjutnya.   

Keseluruhan kegiatan yang berlangsung mulai dari hingga sore hari berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan pendokumentasian kegiatan untuk penyusunan laporan. (ADM).

No comments:

Post a Comment